Latar Belakang Diet Sehat

Latar Belakang Diet Sehat
Banyak remaja, utamanya kaum wanita sangat memikirkan penampilanya seperti bentuk tubuh. Ada yang kurus, normal/ideal, dan gendut. Saat mereka mulai memperhatikan tubuh mereka dan merasa bahwa dirinya gendut, mereka akan mulai melakukan diet. Tetapi bagi segelintir orang bentuk tubuh dan berat badan bukanlah sebuah masalah.

Remaja yang melakukan diet, tidak melakukannya sesuai aturan, seperti makan banyak untuk satu kali, memangkas waktu untuk makan, atau tidak makan sama sekali. Hal ini tidak akan efektif untuk mengurangi berat badan dan malah menimbulkan gangguan pada kesehatan seperti kerusakan pada lambung (maag), pusing, pingsan bahkan akibat terburuk yakni kematian.

Diet yang benar adalah dengan cara mengatur pola makan, memilah jenis makanan sehat yang dikonsumsi, dan berperilaku hidup sehat seperti rajin berolahraga dan tidur tepat waktu. Pengaturan pola makan merupakan hal terpenting dalam menjalankan diet. Keseimbangan antara kebutuhan nutrisi dan jumlah energi yang dibakar harus seimbang sehingga akan menurunkan berat badan dengan efektif dan ideal.

Berdasarkan hal tersebut penulis ingin memberikan informasi bagaimana cara untuk diet yang sehat dengan Tema “Pola Pikir Masyarakat Yang Salah Terhadap Kesehatan (Diet Sehat)", sehingga dapat menurunkan berat badan dengan efektif dan tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan, juga mengubah pola pikir remaja tentang apa itu hidup sehat dalam konsep yang benar, serta cara untuk hidup sehat dan tetap menjaga agar tubuh tetap bugar.

Anda sudah harus paham dulu apa itu diet sebelum Anda mulai menjalankannya. Secara sederhana, diet merupakan kegiatan dimana Anda bisa memastikan bahwa asupan kalori yang masuk pada tubuh Anda tidak lebih banyak dari kalori yang keluar. Artinya konsumsi makanan yang Anda butuhkan tidak perlu banyak jika Anda melakukan pekerjaan yang banyak.

Diet yang baik bukan berarti tidak makan sama sekali. Justru saat diet, kita dianjurkan makan 5-6 kali sehari namun dalam porsi yang kecil untuk memperlancar metabolisme tubuh. Dengan metabolisme tubuh yang lancar dan cepat maka proses pembakaran lemak tubuh juga semakin cepat pula.

Hal ini ditujukan untuk Anda yang mengalami obesitas ataupun berat badan yang tidak proporsional terhadap tinggi badan, karena itu diet sehat perlu Anda lakukan. Agar timbunan lemak yang tidak terpakai pada tubuh terbakar. Anda cukup mengkonsumsi setengah dari porsi biasa dan perbanyak serat, karena dengan serat setengah porsi makan yang dihilangkan akan diganti dengan timbunan lemak dalam tubuh yang tidak terpakai tersebut, nah itulah salah satu dari fungsi serat dalam tubuh.

Kalori yang dibutuhkan pria dan wanita

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya ketahui dulu apa itu kalori. Kalori adalah satu unit pengukuran untuk menyatakan jumlah energi dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari. Jika makanan dan minuman yang Anda konsumsi setiap hari dapat mencukupi kebutuhan kalori harian Anda, maka Anda tergolong sehat. Sebaliknya jika makanan dan minuman yang Anda konsumsi di bawah atau di atas kebutuhan kalori harian Anda, risiko untuk terkena penyakit dapat meningkat.

Kebutuhan kalori per hari pria dan wanita berbeda karena pria umumnya akan memerlukan lebih banyak energi untuk beraktivitas, meski ukuran dan berat badan pria tersebut sama dengan wanita.

Pertama, pria umumnya memiliki lebih banyak massa otot dibanding wanita. Massa Otot yang lebih besar otomatis memerlukan lebih banyak energi untuk dapat berfungsi optimal.

Kedua, sebagian besar pria biasanya memiliki postur tubuh yang lebih tinggi dibanding wanita. Nah, postur tubuh yang tinggi ini nyatanya juga berpengaruh terhadap kebutuhan kalori untuk kaum pria. Sehingga, mereka butuh lebih banyak kalori dibanding wanita.

Tidak hanya itu, pria umumnya memiliki kapasitas paru-paru yang lebih besar, yang memungkinkan mereka bekerja lebih keras saat olahraga dan aktivitas fisik lain. Hal ini membuat pria membutuhkan lebih banyak kalori untuk mempertahankan kekuatannya.

Prinsip dalam mencukupi kebutuhan kalori pada dasarnya sederhana saja, yaitu seimbang. Pasalnya, jika Anda mengonsumsi kalori lebih dari kebutuhan, tubuh Anda akan menyimpan kelebihan energi sebagai lemak. Hal tersebut tentu berkontribusi terhadap kenaikan berat badan di kemudian hari yang sekaligus meningkatkan risiko Anda mengidap berbagai macam penyakit, khususnya penyakit degeneratif. Tetapi jika Anda mengonsumsi kalori kurang dari kebutuhan Anda, Anda akan kehilangan massa lemak dan otot yang bisa menyebabkan penurunan berat badan sekaligus penurunan fungsi organ-organ dalam tubuh karena tidak mendapat asupan yang seharusnya.

Cara melakukan diet yang benar dan sehat

1. Konsumsi Air Putih Secukupnya

Air putih menjadi hal yang sangat penting bagi tubuh Anda untuk bisa bekerja sebagaimana mestinya. Tubuh masih bisa bekerja dengan baik meskipun Anda kekurangan sedikit makanan, namun hal ini tidak, jika Anda kekurangan air.  Air putih akan membuat tubuh Anda terasa lebih segar dan terhindar dari dehidrasi, jadi meskipun secara sengaja Anda mengurangi makanan yang masuk ke dalam tubuh, hal tersebut tidak akan terlalu menyiksa selama Anda memenuhi kebutuhan air putih Anda.

Minumlah air putih minimal 2 liter atau setara dengan 8 gelas per hari. Sebab hal ini akan menjadikan Anda tubuh Anda terasa lebih segar dan terhindar dari dehidras, air putih juga akan menjaga postur tubuh agar tetap ideal.

2. Tetap Makan Teratur

Cara diet sehat, cara menurunkan berat badanInformasi yang beredar Ketika menjalani diet, biasanya Anda akan langsung menghilangkan salah satu jam makan Anda, Itu salah. Sebenarnya akan jauh lebih baik jika Anda tetap makan pada jam tersebut namun dengan mengurangi jumlah porsinya saja.

Sudah seharusnya Anda mengetahui cara diet sehat yang baik dan benar, tentunya dengan menerapkan porsi yang dikurangi, bukan mengurangi jam makan. Lebih baik makan namun dengan porsi yang sedikit dan berhenti makan sebelum kenyang. Dari pada Anda hanya makan satu kali setiap harinya namun ketika sudah tiba jam makan Anda langsung makan dengan porsi yang berlebihan.

3. Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayuran bisa menjadi pilihan lain jika Anda tidak begitu suka minum air putih. Karena buah dan sayur mengandung banyak air, rendah kalori atau bahkan nol kalori, banyak vitamin dan nutrisi lainnya. Bahan makanan ini merupakan sumber serat dan vitamin yang membantu memperlancar metabolisme tubuh dan menguatkan imun Anda. Bagi yang penderita obesitas atau kegemukan sangat-sangat disarankan untuk rajin mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari dalam jumlah yang lebih banyak ketimbang orang normal.

Sebab pada orang yang obesitas sudah memiliki banyak tumpukan lemak dan gula, sehingga dengan mengkonsumsi buah dan sayur dalam membantu memperlancar proses pembakaran lemak dalam tubuh. Buah seperti pir, apel, semangka, jeruk, lemon, tomat dan wortel adalah pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan.

4. Hindari jenis makanan tertentu

Selama melakukan diet sebaiknya Anda juga harus tahu beberapa jenis makanan yang secara umum dilarang saat diet, tujuannya agar diet Anda tetap berjalan dengan baik. Cara diet sehat yang benar selanjutnya adalah dengan menghindari makanan berminyak (makanan gorengan dilarang total), bersantan, mentega, asinan, daging berlemak dan jeroan, mie instan, sajian manis beku (berbagai jenis es krim) dan makanan yang dibakar hingga terlihat bekas-bekas gosong dan hitam.

Cara diet yang benar disini menyarankan Anda untuk makan sayuran, buah, roti gandum, ikan laut. Jika Anda penggemar ayam, boleh. Namun hanya memakan daging yang tanpa lemak dan tanpa kulit atau hanya mengkonsumsi sekedarnya saja, tidak berlebihan.

5. Biasakan berolahraga secara rutin

Banyak sekali jenis olahraga yang bisa Anda pilih, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk merasa bosan melakukan jenis olahraga dan olahraga secara rutin sangat baik dalam menurunkan berat badan. Selama Anda mau mencobanya, maka Anda akan menemukan jenis olahraga baru lainnya. Lakukanlah olah raga kardio untuk hasil lebih baik pada saat diet. Hanya 1 jam setiap hari dengan dibagi waktu menjadi 30 menit pagi hari dan 30 menit sore hari secara teratur akan membakar lemak dengan cepat sehingga berat badan turun cepat. Pembakaran yang terjadi ketika Anda berolahraga sangat baik. Selain itu, olahraga juga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

6. Hindari Tidur Siang

Bagi Anda yang memiliki waktu luang di siang hari, sebaiknya jangan tidur siang. Karena tidur yang sehat adalah tidur pada waktu malam hari yaitu 7 jam untuk orang dewasa. Jika Anda tidur siang, maka dapat dipastikan jam tidur di malam hari, Anda akan terganggu sehingga kemungkinan Anda tidak bisa tidur pada jam yang baik. Jam tidur malam yang baik maksimal jam 9 malam dan bangun jam 4 pagi. Jika dikarenakan melakukan tidur siang maka jam tidur Anda dikhawatirkan akan mundur lagi bahkan sampai tidur tengah malam. Karena itulah hindari tidur siang dan begadang saat malam, karena pada jam malam porses regenarasi sel-sel pada tubuh bekerja. Dan jam malam itulah organ jantung, lambung, paru - paru dan otak sebaiknya sudah istirahat.

Diet adalah sebagai usaha seseorang dalam mengatur pola makan dan mengurangi makanan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan berat badan yang ideal. Diet menurunkan berat badan yang baik dan sehat itu tidak instan. Ada petunjuk khusus untuk diet yang sehat, agar tetap terpenuhi kebutuhan gizinya serta terkendali. Dalam melakukan diet, hendaknya ditetapkan waktu dan hasil. Penyesuaian gejala serta diseimbangkan dengan aktivitas olah raga sehingga diet tetap sehat. Olah raga adalah salah satu bagian yang baik dalam rangka menurunkan berat badan yang ideal.

Subscribe untuk artikel update:

0 Response to "Latar Belakang Diet Sehat"

Posting Komentar