Persiapan Bekerja Ke Kanada

Persiapan Bekerja Ke Kanada
Kita semua tahu bahwa kondisi ekonomi di negara kita tercinta saat ini agak sulit bagi sebagian orang terutama bagi para pencari kerja walaupun banyak lowongan yang ada tapi hal itu tidak mampu untuk menampung para job seeker yang ada karena tidak seimbang antara lowongan dan pencari kerja, hal inilah yang menjadikan sebagian orang merasa kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Terlebih semakin banyaknya persaingan dan semakin selektifnya perusahaan dalam memilih pekerjanya.

Bagi sebagian orang yang merasa tidak bisa bersaing mencari alternative lainnya yaitu dengan mencari peluang yang ada di luar negeri walaupun pada dasarnya lebih baik bekerja di dalam negeri yang bisa berkumpul bersama keluarga tercinta serta sudah memahami budaya Bahasa makanan serta pola hidup yang sudah terbiasa. Namun menjadi TKI atau sekarang sering disebut PMI (Pekerja Migran Indonesia) ini bukanlah hal yang memalukan atau rendahan karena dengan menjadi pekerja migran kita akan mendapat wawasan baru atau ilmu baru yang kedepan bisa kita kembangkan untuk berusaha di tanah air dan membantu saudara saudara kita yang lainnya yang membutuhkan pekerjaan demi kelangsungan hidup di jaman ini, selagi kesempatan dan kemampuan ada menjadi PMI bukan sesuatu yang hina.

Sebelum anda memutuskan untuk menjadi PMI ada baiknya anda lakukan riset tentang negara yang akan anda jadikan tujuan untuk bekerja hal yang paling dasar untuk anda ketahui adalah Bahasa dan cuaca hal ini penting untuk anda ketahui supaya anda tidak mengalami kesulitan di negara tersebut sebagai contoh negara tujuan anda Canada maka anda wajib mengetahui lebih awal informasi tentang negara ini mulai dari Bahasa keseharian lalu cuacanya bagaimana hingga nanti anda bisa dengan mudah beradaptasi dan bergaul dengan masyarakat setempat.

Nah dalam panduan ini saya akan gambarkan keadaan umumnya di Canada. Negara ini punya dua Bahasa wajib yang utama inggris dan yang kedua perancis jadi wajib bagi anda untuk bisa Bahasa inggris sebelum masuk negara ini sementara cuaca di negara ini ada 4 musim dimulai musim dingin, musim semi/hujan, musim panas dan terakhir musim gugur. Kalian perlu tahu musim dingin disini lebih extrem dari negara negara yang ada di asia sana, saya pribadi pernah mengalami -38 dibawah derajat Celsius. Tapi jangan kuatir hal itu tidaklah se-mengerikan yang kalian bayangkan, masyarakat ini sudah bisa mengantisipasi keadaan tersebut, banyak tempat umum dipasangi pemanas, mobil mobil pun dipasangi pemanas dan rumah hunian pun dipasangi pemanas hingga nyaman bagi orang orang yang ada disini untuk beraktifitas .

Setelah anda bisa memahami betul tentang Bahasa dan cuaca maka anda sudah semakin siap bukan? Selanjutnya cari informasi keuntungannya apa saja untuk jangka panjang yang akan anda dapatkan.

Nah kalau saya pribadi memilih Canada karena kemudahan untuk mendapatkan status hingga kedepan ada jaminan di hari tua maksudnya begini setelah kita dapat status resmi di negara ini hal yang paling sangat membanggakan adalah bisa mengajak keluarga kesini tentunya sebagian dari anda sudah tidak meragukan lagi dengan system pendidikan disini ya dan ini sangat baik untuk anak anak kelak. lulusan SD disini bisa di adu dengan sarjana Bahasa inggris di Indonesia.

Kalau untuk pribadi saya adalah jaminan pensiunnya yg saya suka karena akan ada yg mensupport saya ketika saya sudah tidak mapu bekerja nanti, Itu kalau saya mungkin sebagian dari anda punya keinginan atau cita cita yang lain. 

PERSYARATAN BEKERJA KE CANADA

Seperti pada kebanyakan negara pada umumnya banyak sekali persyaratan yang harus anda penuhi dan lalui sebelum anda bisa masuk dan bekerja disini pemerintah Canada mengharuskan setiap applicant atau pencari kerja memiliki kualifikasi seperti ini: 

1. Kemampuan Bahasa inggris dibuktikan dengan sertifikat IELTS

2. Ijasah terakhir ditranslate ke bahas inggris 

3. Pengalaman kerja sesuai dengn bidangnya minimal 2 tahun atau lebih 

Selain ketiga persyaratan yang di inginkan pemerintah Canada kita juga harus puya dokumen pribadi yang harus kita persiapkan sebagai perlengkapan diantaranya:

1. Resume (kalau di Indonesia popular dengan sebutan CV/lamaran kerja) 

2. Passport 

3. SKCK 

4. Hasil MCU 

Untuk persyaratan lainnya yang akan dibutuhkan jika untuk mengajukan status Permanent Resident. 

Selanjutnya setelah anda memiliki informasi tentang Canada dan sudah mempersiapkan segala persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan, anda wajib mengetahui cara masuknya atau jalur jalur yang ada, di sini akan saya jelaskan beberapa jalur yang saya tahu saat ini yang sudah dipakai banyak orang yang berhasil masuk dan bekerja disini: 

1. Jalur Study siapakah yang bisa menggunakan jalur ini? Siapa saja bisa dan tiada batasan usia asalkan sudah 18 tahun keatas. Caranya bagaimana? Cukup mudah , pilih jurusan yg anda mau lalu tentukan universitasnya dapatkan rekomendasi lalu urus visa dan siap berangkat. 

2. Jalur Pekerja, Cara yang satu ini yang paling banyak digunakan. Anda bisa mencari pekerjaan disini dengan beragam cara diantaraya menggunakan jasa agency.

3. Jalur Invitation, Cara ini exclusive karena bisa mem by-pass semua persyaratan yang ada tak perlu Bahasa dan persyaratan lainya yang penting sehat dan lolos MCU bisa masuk sini.Contohnya diundang oleh suami, oleh istri, oleh ibu, oleh bapak angkat, oleh majikan lama dll 

4. Jalur Bisnis. Di salah satu propinsi dinegara ini (Quebec) sedang gencar mencari investor yang bisa membuka usaha disini sekaligus mendapat status permanent resident.

5. Jalur Refugees. Canada juga sering kita dengar menerima refugees atau pengungsi dari daerah daerah yang mengalami konflik atau bencana,dan pemerintah sini juga dikenal tidak tanggung tanggung dalam memberikan perlindungan para pengungsi yang berhasil masuk ke kanada bisa mendapatkan status yang sama dengan masyarakat disini.

6. Jalur Tourist. Nah sebagian teman teman yang sudah subscribe channel youtube saya bertanya, Bisakah jalur tourist buat cari kerja? Sebenernya bisa, Cuma ini untuk yang expert sudah cukup pengalaman dan sering ke kanada karena jika anda pemula sekali akan sangat kesulitan dalam memperoleh visa turisnya selain biayanya juga yang cukup lumayan. 

SITUS PENYEDIA LOWONGAN KERJA DI KANADA 

Berikut ini saya berikan informasi situs situs penyedia lowongan kerja di kanada yang bisa anda akses dan gali informasinya. Harapan saya dengan informasi yang saya berikan ini bisa menjadikan acuan dalam mempersiapkan segala sesuatunya sebelum anda memutuskan untuk bekerja ke kanada 

1. Jobbank.gc.ca adalah situs resmi pemerintah Canada disitus ini anda bisa dapatkan beragam jenis pekerjaan yang sudah difilter oleh pihak pemerintah sehingga tingkat akurasinya lebih pasti karena di awasi dan di jamin oleh pemerintah Canada.

2. Indeed.ca adalah situs swasta yang beroperasi di Canada dan juga di negara negara lainnya disitus ini juga anda bisa melihat beragam informasi lowongan pekerjaan yang tersedia mulai dari gaji, persyaratan dan fasilitas lain.

Pemerintah Canada lebih mempriotitaskan warga setempat dalam memberikan lowongan pekerjaan yang ada baik media offline maupun online jadi anda perlu tahu setiap job posting yang anda temukan di internet baik lewat situs jobbank.gc.ca ataupun indeed.ca akan memprioritaskan warga kanada dan setelah tidak ada warga Canada yang mau pekerjaan tersebut barulah mereka akan mengambil pekerja asing .

Itulah mekanisme pemerintah sini sehingga kesejahteraan masyarakat ini lebih terjamin. Tapi anda tidak perlu berkecil hati kesempatan anda sama besarnya dengan yg warga sini sekalipun, jika anda memenuhi kriteria.

Subscribe untuk artikel update:

0 Response to "Persiapan Bekerja Ke Kanada "

Posting Komentar