Minat Melamar Pekerjaan

Minat Melamar Pekerjaan
Minat melamar pekerjaan merupakan proses ketertarikan memiliki pekerjaan yang dimulai dari serangkaian pencarian informasi lowongan pekerjaan, menentukan pilihan pekerjaan, dan pengambilan keputusan dari calon karyawan untuk menentukan perusahaan yang diinginkan.

Minat melamar pekerjaan sebagai suatu proses ketertarikan memiliki pekerjaan yang diawali dari segala upaya pencarian informasi tentang lowongan pekerjaan, berdasarkan informasi-informasi yang didapat tersebut, calon karyawan kemudian menentukan pilihan dan mengambil suatu keputusan untuk menentukan perusahaan mana yang diinginkan.

Minat melamar pekerjaan merupakan suatu proses ketertarikan seseorang untuk memiliki sebuah pekerjaan yang diawali dari segala upaya pencarian informasi informasi lowongan pekerjaan yang bisa didapat dari sumber internal maupaun eksternal perusahaan, menentukan pilihan kemudian pengambilan suatu keputusan perusahaan mana yang akan dilamar.

Ada beberapa tahapan yang dilakukan calon karyawan dalam minat melamar pekerjaan, pertama memilih dan mempertimbangkan pekerjaan yang mereka inginkan, tahapan berikutnya mencari informasi dari sumber rekrutmen yang dibuat oleh perusahaan, kemudian membuat pilihan untuk menerima atau tidak pekerjaan tersebut. 

Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa minat melamar pekerjaan sebagai proses ketertarikan seseorang untuk memiliki sebuah pekerjaan yang diawali dengan upaya pencarian pekerjaan, memilih dan mempertimbangkan pekerjaan yang mereka inginkan kemudian membuat keputusan pekerjaan mana yang akan dilamar.

Indikator Minat Melamar Pekerjaan

Terdapat beberapa indikator pada ketertarikan melamar pekerjaan, yaitu :

1. Kebutuhan akan pekerjaan

Calon pegawai tertarik melamar pekerjaan dikarenakan adanya suatu kebutuhan akan pekerjaan untuk menghasilkan pendapatan.

2. Pencarian informasi pekerjaan

Calon pegawai mencari informasi-informasi tentang lowongan pekerjaan yang disediakan oleh suatu perusahaan. 

3. Penentuan pilihan pekerjaan

Calon pegawai mulai mempertimbangkan dan menentukan pilihan dari beberapa informasi lowongan pekerjaan yang ada sesuai dengan keinginannya.

4. Pembuatan keputusan 

Calon pegawai membuat keputusan perusahaan mana yang akan dilamar berdasarkan minat dan bakat 

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Minat Melamar Pekerjaan 

1. Kondisi pekerjaan 

Tempat kerja yang memiliki suasana yang menyenangkan dengan didukung oleh kerja sama yang profesional dan saling bantu dapat meningkatkan produktivitas. 

2. Sistem pendukung

Dalam bekerja sangat diperlukan sistem pendukung yang memadai bagi para pekerjanya sehingga diperoleh hasil produksi yang maksimal, misalnya fasilitas kendaraan, perlengkapan pekerjaan yang memadai, kesempatan promosi, kenaikan pangkat/kedudukan. 

3. Pribadi pekerja 

Pribadi pekerja meliputi semangat kerja, pandangan pekerja terhadap pekerjaannya, kebanggan memakai atribut bekerja, sikap terhadap pekerjaannya.

Berdasarkan faktor-faktor diatas dapat disimpulkan bahwa faktor kondisi pekerjaan yang menjadi pertimbangan seseorang untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Kondisi lingkungan yang menyenangkan dapat terbentuk dari perasaan yang baik atau senang dengan citra perusahaan dan memiliki kepercayaan dengan perusahaan. Kerjasama yang profesional dapat terbentuk melalui kesamaan visi dan misi antara karyawan dengan perusahaan, selain itu lingkungan kerja yang baik dan mendukung dapat meningkatka n produktivitas karyawan.

Subscribe untuk artikel update:

0 Response to "Minat Melamar Pekerjaan"

Posting Komentar