Persiapan Yang Perlu Dilakukan Untuk Lowongan Kerja di Bank

Persiapan Yang Perlu Dilakukan Untuk Lowongan Kerja di Bank


Bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Aset paling besar yang dimiliki oleh sebuah bank adalah sumber daya manusianya karena tanpa sumber daya manusia yang berkualitas dan jujur maka bank tersebut akan hancur. Sehingga dalam merekrut calon pegawai bank sangat ketat melakukan proses seleksi. Jika anda tengah mencari lowongan kerja di bank karena tertarik berkarir di dunia perbankan silakan persiapkan kemampuan diri anda di bidang seperti di bawah ini:

1. Tes TOEFL yang merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language adalah tes untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggris calon pegawai. Tes ini terdiri dari listening, structure dan reading serta untuk lolos setidaknya anda harus memiliki skor minimal 500. Tapi skor ini tidaklah mutlak tergantung kebijakan masing-masing bank.

2. Tes Bahasa Inggris. Bank juga ingin mengetahui kemampuan dasar bahasa inggris calon pegawainya yaitu untuk Passive English. Silakan refresh mata pelajaran bahasa inggris yang anda dapatkan di sekolah.

3. TPA yang merupakan singkatan dari Tes Potensi Akademik merupakan tes yang dilakukan pihak bank untuk mengetahui sejauh mana calon karyawannya dalam penguasaan matematika, verbal maupun logika. Latih diri anda dengan dengan membaca buku-buku TPA yang banyak dijual di toko.

4. Tes Psikologi. Bank ingin mengetahui jati diri anda melalui tes ini. Jawablah dengan jujur setiap pertanyaan yang diajukan. Umumnya bank membutuhkan pegawai yang jujur, disiplin, cerdas, sedikit kreatif dan luwes.

5. Tes Diskusi. Tes model ini dipakai bank untuk mengetahui sejauh mana kemampuan calon pegawai dalam hal kecepatan memahami masalah, kepemimpinan dan teamwork dalam pekerjaan.

6. Tes Wawancara. Tes ini untuk mengenal perilaku ataupun sikap calon pegawai dalam menghadapi masalah/pertanyaan yang diajukan jajaran manajemen/direksi bank. Jawablah dengan santun dan lugas setiap pertanyaan yang nantinya diajukan.

7. Tes Kesehatan. Tes ini untuk mengetahui kesehatan calon pegawai yang terdiri dari tes darah, tes tekanan darah, tes buta warna dan tes urine. Persiapkan diri anda setidaknya sejak seminggu sebelum tes. Olahraga dan istirahat cukup.

Setelah anda lolos tes dan diterima kerja di bank maka sejumlah tantangan pun kembali muncul dalam karir anda. Seperti di bawah ini:

1. Penampilan yang harus bersih, rapi dan selalu wangi.

2. Masa training yang mewajibkan anda untuk tidak menikah selama masa training biasanya 6 bulan hingga 1 tahun.

3. Sanksi yang harus anda hadapi jika mengundurkan diri selama masa training.

4. Bangun pagi dan jam pulang yang tidak tentu karena banyaknya kerjaan sehingga waktu bersosialisasi anda pun berkurang.

Terlepas dari itu semua jika anda sudah memantapkan diri berkarir di bank tantangan seperti diatas sepertinya tidak akan menjadi masalah tentunya.

Berkarir di dunia perbankan merupakan impian sebagian orang namun untuk bisa berkarir di dunia perbankan tidaklah mudah dan memerlukan keterampilan tertentu untuk memudahkan pekerjaan anda. Berikut ini adalah keterampilan paling dibutuhkan dalam dunia perbankan yang tentunya harus anda kuasai sebelum memutuskan terjun di dunia perbankan.

1. Keterampilan Bahasa Asing. Sekarang ini penguasaan bahasa asing merupakan syarat mutlak di semua institusi perbankan. Mereka yang menguasai bahasa asing seperti Bahasa Inggris, China, Jepang dan Jerman acapkali lebih diminati dan diprioritaskan dalam ujian saringan masuk lowongan kerja bank. Posisi yang cocok dengan keterampilan ini antara lain teller, customer service dll.

2. Keterampilan Teknis. Keterampilan model ini misalnya penguasaan teknologi online banking untuk keperluan pelayanan terhadap nasabah.

3. Keterampilan Mengelola SDM. Keterampilan ini berhubungan dengan interaksi timbal balik antar pegawai dan pemahaman akan segala kebutuhan pekerja di institusi perbankan.

4. Keterampilan Pemrograman Komputer. Institusi perbankan saat ini sudah menerapkan sistem komputerisasi dan menerapkan teknologi informasi canggih untuk beroperasi. Lowongan kerja IT di bidang perbankan juga banyak tersedia. Kuasailah seluk beluk program komputer seperti HTML, Visual Basic, Unix atau SQL Server.

5. Keterampilan Manajemen Keuangan. Institusi perbankan juga membutuhkan konsultan atau penasihat bisnis untuk rencana operasional jangka panjang mereka. Untuk anda yang memiliki kemampuan di bidang akuntansi, perencana keuangan atau bisnis dan investasi akan selalu menjadi incaran institusi-institusi perbankan.

6. Keterampilan Matematika. Matematika dan statistika tidak pernah lepas dari dunia perbankan. Posisi cocok untuk anda di bank jika menguasai matematika yaitu teller, analisis kredit dll.

7. Keterampilan Pemecahan Masalah. Cepat tanggap dan mampu memberikan jalan keluar bijaksana untuk setiap konflik yang terjadi di institusi perbankan bisa menjadi nilai plus untuk anda karena bank pasti berhubungan dengan nasabah dan konflik atau perselisihan diantara kedua belah pihak sering terjadi.

Itulah beberapa keterampilan yang wajib anda miliki jika ingin berkarir di dunia perbankan dan bagi anda yang sudah berkarir di bank memiliki keterampilan seperti disebutkan di atas tentu akan membuat karir anda semakin menanjak.

Penghasilan merupakan salah satu daya tarik utama mengapa para pencari kerja berminat dengan dunia perbankan. Apabila dilihat dari segi penghasilan, menurut hasil penelitian, standar gaji pegawai bank cukup tinggi. Perbandingannya dengan gaji rata-rata bisa mencapai 171 : 1 hingga 5 : 1. Perbandingan itu adalah rasio ketimpangan gaji antara top level dengan entry level. Eksekutif muda perbankan Michael R. Tampi, menyatakan bahwa “Dalam setahun pegawai bank mendapat gaji sebanyak 14-15 kali, belum termasuk bonus-bonus dan kenaikan gaji di industri perbankan tahun ini paling besar dibanding industri lainnya.”

Perusahaan perbankan juga biasanya menawarkan program seperti Officer Development Program (ODP),Management Development Program (MDP), Program Pelatihan Eksekutif (PPE), Management Trainee (MT) yang merupakan program pelatihan yang dipersiapkan bagi fresh graduate dan calon karyawan baru mengenai pelatihan manajemen dan seluk beluk dunia perbankan. Melalui program Management Trainee, calon karyawan akan langsung memiliki posisi setara dengan supervisor atau kepala bagian divisi tertentu dan status pekerja permanen di perusahaan tersebut. Ketika masih menjalani pelatihan, seorang calon karyawan akan menerima Rp. 2.500.000 – Rp. 3.000.000/bulannya dan setelah lulus menerima Rp.6.000.000 – Rp.7.500.000/bulan.

Penghasilan yang layak dan nafkah yang memadai tentu saja tidak lepas dari standard gaji atau penghasilan yang Anda terima setiap bulannya. Lalu berapa standard gaji untuk setiap level yang berlaku di dunia kerja Indonesia? Berikut adalah daftar standard gaji yang kira-kira menggambarkan besaran pendapatan yang diterima oleh para pekerja dan manajer di tanah air setiap bulannya.

Fresh Graduates/Entry Level. Kisaran Standard Gaji Rp 2 – 3 juta/bulan

Dalam sepuluh tahun terakhir, besaran gaji para fresh graduates (lulusan S-1) tampaknya tidak bergerak naik secara signifikan. Penyebabnya sederhana : supply cenderung jauh lebih tinggi dibanding demand; sehingga buyer (perusahaan) memiliki keleluasaan untuk memberikan gaji yang relatif rendah. Meski demikian sejumlah perusahaan multi nasional kini memberikan gaji bagi para fresh graduate-nya pada angka Rp 4 juta/bulan; sementara Bank Indonesia sejauh yang saya tahu, telah memberikan gaji Rp 5 juta/bulan untuk para lulusan sarjana baru yang bekerja untuk mereka. Namun demikian, masih banyak juga lulusan sarjana S-1 baru yang mendapat gaji sebanding dengan UMR alias sekitar Rp 1 jutaan saja per bulan.

Asisten Manajer. Kisaran Standard Gaji Rp 5 – 8 juta/bulan

Jika Anda sudah bekerja di kantor Anda selama 3 – 5 tahun, selayaknya Anda sudah menduduki posisi ini. Dan itu artinya Anda bisa mendapatkan income sekitar Rp 5 – 8 jutaan per bulannya. Kalau sudah bertahun-tahun Anda tetap saja menjadi staf biasa dan tak pernah kunjung naik posisinya ke level ini, ya Anda bisa mulai melakukan sejumlah manuver untuk membuat perjalanan karir tidak menjadi stagnan selamanya. Sebab kalau ndak pernah naik posisinya, gaji Anda ya juga ndak akan naik-naik (sementara harga semangkuk lontong sayur rasanya terus bergerak naik).

Manajer/Kepala Bagian. Kisaran Standard Gaji Rp 10 – 15 juta/bulan

Dalam kurun waktu 7 – 10 tahun bekerja, selayaknya Anda sudah bisa berada pada posisi ini. Kisaran gaji untuk posisi ini adalah Rp 10 – 15 juta, meski ada sejumlah perusahaan yang memberikan gaji hingga Rp 20 juta/bulan untuk para manajernya. Namun sejumlah bank nasional, seperti Bank BNI misalnya, memberikan gaji sekitar Rp 12 – 14 jutaan/bulan kepada para manajernya.

Selain gaji yang cukup tinggi, karyawan pada posisi ini biasanya akan mendapatkan car ownership program (program kepemilikan mobil). Dulu, perusahaan tempat saya bekerja memberikan bantuan gratis sebesar 70% dari harga mobil; dan sang manajer hanya memberikan alokasi dana 30 % saja, untuk bisa mendapatkan sebuah mobil sekelas Kijang Innova atau Honda City.

Manajer Senior/General Manajer/VP. Kisaran Standard Gaji Rp 20 – 30 juta/bulan

Minggu lalu disela-sela memberikan workshop kepada sebuah perusahaan perkebunan besar di Medan, saya berbincang-bincang dengan salah satu pesertanya yang kebetulan berposisi sebagai Manajer Senior. Ia bilang kalau ia memperoleh gaji sebesar Rp 25 juta/bulan. Dan ajaibnya, karena limpahan harga komoditi yang melonjak di tahun lalu, ia bilang tahun ini perusahaannya akan memberikan bonus 8 kali gaji (!) kepada seluruh karyawannya. “Alhamdulilah pak Yodhia….”, ujarnya dengan wajah sumringah. Halah, bagaimana ndak sumringah, wong sebentar lagi mau mendapat rezeki sebesar Rp 200 juta kontan.

Division Head/Executive VP/Direktur/Direktur Utama. Kisaran Standard Gaji Rp 50 juta – 100 juta/bulan

Dengan kisaran gaji seperti itu, pendapatan para direktur/division head/EVP berarti hampir sama dengan gaji seorang pilot senior Boeing 747 Jumbo di maskapai Garuda Indonesia (sebab gaji pilot senior untuk rute internasional di Garuda adalah Rp 90 juta/bulan).

Business Owner. Kisaran Standard Gaji : Unlimited

Nah, kalau Anda merasa ndak mampu menjadi manajer atau senior manajer, dan karirnya begitu-begitu saja; mengapa tidak memutuskan memulai usaha sendiri dan menjadi seorang business owner? Sebab dengan posisi itu, potensi gaji atau pendapatan Anda bersifat unlimited (tidak terbatas). Sebab Anda sendiri yang dengan bebas bisa menentukan berapa besar pendapatan yang layak Anda terima.

Subscribe untuk artikel update:

0 Response to "Persiapan Yang Perlu Dilakukan Untuk Lowongan Kerja di Bank"

Posting Komentar