Home » , , » TIPS CPNS | Tip dan Trik Rahasia Sukses Menembus Ujian Seleksi Penerimaan CPNS

TIPS CPNS | Tip dan Trik Rahasia Sukses Menembus Ujian Seleksi Penerimaan CPNS

Dalam Ujian seleksi penerimaan CPNS, kemampuan Anda benar-benar diuji karena harus bersalng dengan ribuan pelamar untuk mendapatkan satu kursi PNS. Oleh karena itu, persiapan matang disertai doa kepada Tuhan Yang Maha Esa menjadi syarat mutlaksebelum Anda.Berikut ini persiapan umum dalam menghadapi ujian CPNS.

  • Jauh hari sebelum bulan-bulan penyelenggaraan ujfan CPNS, Anda sudah mempersiapkan kemampuan Anda. Caranya dengan menge ahui jenis--jenis soal yang sering diujikan. Setanjutnya, melatih dirt mengerjakan soal CPNS dalam berbagal bentuk. Oengan demikian, Anda akan terbiasa mengerjakan soal dengan tepat dan cepat Malah, mungkin Anda menemukan trik tertentu untuk menjawab tipe suatu soal.
  • Ketahul seluk-beluk lnstansi pemerintah yang mengadakan ujian seleksL Bisa saja soal-soal yang menyangkut lnstansi tersebut atau bidang yang Anda tuju ditanyakan, balk dalam ujfan tulls maupun wawancara.
  • Persiapkan Keprlbadian yang positif, Jujur, tellti, dan ederhana. tnr penting, khususnya untuk m.enghadapi tes wawancara Qika ada) karena gerak-gerik dan sikap Anda dinllal. Selaln itu, slkap lni berguna dl masa mendatang Jika Anda terjun ke masyarakat.
  • lkuti berita terkini, baik derrgan membaca buku, media visual, maupun tuJis. Serf gkall, beberapa f nstansl mengeluarkan soal-soal menyangkut perkembangan terbaru.

Tip dan Trik Rahasia Sukses Menembus Ujian Seleksi Penerimaan CPNS
Foto: Illustrasi
Selain pengayaan materi ujian yang baik, fislk dan mental juga harus dipersiapkan. Kedua-duanya penting untuk menunjang kesuksesan Anda menghadapl ujian. Berikut ini persfapan fisik dan mental menjelang ujian seleks CPNS:

Persiapan fisik
  1. Beristirahattah yang cukup sebelum menghadapi ujian. Diharapkan satu hari sebelum ujian, Anda sudah tidak lagi berkutat dengan latihan soal. Jadikan hari itu untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Malam harinya, jangan tidur sampai larut. Dengan demikian, esok harinya kondisi badan Anda fresh dan siap menghadapi ujian.
  2. Hindari minum obat menjelang ujian, apalagi obat yang berefek samping, seperti mengantuk, mual,dan jantung deg-degan. Pastinya, hal tersebut akan membuyarkan konsentrasl Anda saat mengerjakan soat.
  3. Bagi Anda yang tidak terbiasa minum kopi, hindari mengonsumsinya di malam menjelang ujian atau esok paginya. Efek sampingnya bisa inembuat Anda susah tidur dan jantung berdebar-debar.
  4. Jaga stamina dengan melakukan olahraga rutin dan makan makanan bergizi.
  5. Hal lni sangat membantu Anda tampil prima di hari H sehingga konsentrasi Anda untuk mengerjakan.soal dengan optimal.
  6. Sarapan pagi menjelang ujian. Hal ini membuat stamina Anda tetap fit dan semakin berkonsentrasi menghadapi ujian.

Persiapan mental

  1. Pupuk selalu kepercayaan diri Anda menghadapi ujian jika memang Anda telah melakukan perslapan matang. Hilangkan mental minder karena materi ujian yang sudah Anda siapkan menjadi sia-sia.
  2. Singkirkan dahulu masalah-masalah yang sedang Anda hadapi. Fokuskan pikiran dan mental untuk menghadapi ujian. Prioritaskan ujian karena ini menyangkut masa depan Anda.
  3. Hilangkan perasaan cemas dan khawatir.Yakln bahwa dengan persiapan yang matang, sebaglan kesuksesan sudah di tangan Anda.
  4. Jika Anda masih belum bisa menguasal perasaan cemas dan khawatir, coba tarik dan buang  napas perlahan serta konsentrasikan pikiran Anda. Cara ini, membantu pikiran Anda tenang dan rileks.
  5. Sebelum mulai mengerjakan soal, berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan kelancaran dan kesuksesan dalam mengerjakan soal. Pasrahkan kepada-Nya sehingga pikiran dan hati Anda tldak terbeban.
  6. Fokuskan pikiran dan hati. pada soal-soat ujian. Tetaplah tenang. Jangan terpancing dengan situasl dan kondisi di sekitar Anda karena akan merugikan Anda sendiri.

Setelah Anda mengetahui modal dasar menghadapi ujian CPNS, Anda juga pertu mempersiapkan hal-hal teknis menjelang dan saat ujian. Berikut ini tip-tip yang tidak boleh Anda abaikan
  • Jika tempat ujlan masih asing bagi Anda, lakukan orientasi tempat sehari atau dua hari menjelang ujian untuk memprediksi waktu yang dibutuhkan ketempat ujian. Jangan sampai Anda terlambat gara-gara mencari tempat ujian terlebih dahulu. Pastinya lni akan membuyarkan konsentrasi Anda dalam mengerjakan .soal ujlan.
  • Bawa alat tulis yang memadai. Jika penilalan menggunakan sistem komputer, pastikan pensil 28 yang Anda gunakan asli. Bawa juga pensil dan pulpen cadangan. Jika boleh menggunjkan kalkulator atau alat tulis lain pastikan baterainya hidup dan jangan lupa bawa baterai cadangan. .
  • Datanglah 30 menit sebelum ujian. Dengan demikian, masih ada waktu bagi Anda untuk mempersiapkan mental dan fisik.
  • Jauhi peserta lain yang masih sibuk belajar karena bisa membuat kepercayaan diri Anda turun dan konsentrasi Anda buyar. Lebih baik Anda duduk santal atau baca - bacaan yang menyenangkan agar suasana hati Anda rileks. Jika tempat duduk tidak ditentukan, pilih kursi yang membuat Anda nyaman, mampu berkonsentrasi dengan baik; serta bisa mendengarkan arahan dari pengawas ujian.
  • Baca petunjuk mengerjakan soal dengan teliti. Jangan sampai Anda salah memahami perintah yang bisa berakibat fatal. Jika kurang jelas, bertanyalah kepada pengawas.
  • Baca soal dengan telitl dan tenang. Kerjakan soal yang mudah dahulu, baru ke soal-soal yaryg kategorinya sulit.Jangan berkutat dengan soal yang sulit karena Anda akan kehabisn waktu. Jika sudah selesal dan masih ada waktu, periksa kernbali, utamakan pada jawaban yang ragu-ragu. 
  • Jangan berbuat curang dengan mencontek atau bertanya kepada peserta kanan-kiri. Yakln  bahwa Anda mampu. lni juga bisa merugikan Anda sendlrl karena Anda blsa dicoret sebagai peserta ujian.
  • Sebelum menyerahkan lembar jawaban ke pangawas, periksa sekall lagi kemball ldentltas dan jawaban Anda
« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]