Home » , , » Sudahkah Anda Mengenali Diri Anda Sendiri

Sudahkah Anda Mengenali Diri Anda Sendiri

Setiap orang memilii kepribadian masing-masing. Kita harus selalu memikirkan kembali peristiwa-peristiwa yang dapat mengubah sudut pandang kita terhadap segala sesuatu dan mengubah cara kita bergaul dengan orang lain karena sebagai orang dewasa kita dapat mengembangkan kemampuan mengontrol kepribadian kita. Misalnya, seseorang harus berbicara di depan publik sebagai bagian dari pekerjaannya, padahal sebenarnya ia tidak berwatak ekstrover. Di dalam hati ia merasa tidak nyaman melakukan hal tersebut, tetapi karena ia harus melakukannya, mau tidak mau ia berusaha mengembangkan cara menguasai kepribadiannya. Jadi, dia melawan kecemasannya sendiri dengan mempersiapkan apa yang ingin ia katakan dengan hati-hati, memperhitungkan dengan saksama pertanyaan­ pertanyaan yang mungkin  ditanyakan, dan datang lebih awal untuk mengenal dan membiasakan diri dengan situasi yang akan clihadapi.

Foto: Illustrasi
Cara kita menghargai kepribadian kita biasanya berdasarkan pegetahuan kita terhadap diri kita sendiri. Akan tetapi, kadang­ kadang kita tidak mempunyai gambaran lengkap atau jelas sepe1ti itpa diri kita sebenarnya. Hal ini mungkin karena kita tidak tahu bagaimana cara menggambarkan diri atau bisa jadi karena kita mengabaikan kecenderungan kepribadian kita. Apapun alasannya, sangatlah bermanfaat bagi Anda mencoba mendeskripsikan diri Anda dengan baik.
Di bawah ini adalah sebuah latihan yang akan mengawali proses pencarian diri Anda sendiri serta pandangan orang terhadap diri Anda.

Tes Penilaian Diri


  1. Ambillah selembar kertas kosong dan tulislah 1 0 kala sifat yang menurut Anda dapat menggambarkan kepribadian Anda. Pastikan kata-kata tersebut sesuai kepribadian Anda, bukan penampilan Anda. Cobalah menyelesaikan latihan tersebut dalam 10 menit. Jika Anda menemukan jalan buntu, pada akhir bab ini disediakan sebuah daftar kala sifat atau ciri yang dapat Anda gunakan.
  2. Sekarang temukan seseorang yang telah mengenal Anda dengan baik dan mintalah mereka menuliskan 10 kala sifat pula yang menggambarkan kepribadian Anda. Jangan tunjukkan dahulu daftar yang telah Anda buat.
  3. Setelah 10 menit bandingkan kedua daftar milik Anda dan Ieman Anda. Bagaimana Anda menggambarkan diri Anda sendiri? Apakah sulit mencari 10 kala tersebut? Apa yang ditulis ternan Anda? Apakah Anda setuju dengan pendapat mereka? Apa perbedaan di antara kedua daftar? Jika Anda telah selesai mengerjakan latihan tersebut, Anda mungkin menemukan cara Anda menilai diri Anda sendiri selama ini tidak sama dengan cara orang ikin menilai Anda. Padahal, penilaian itu dilakukan oleh ternan Anda yang telah mengenal Anda dengan baik.

Bayangkan, apa yang akan dipikirkan oleh pemilik lapangan usaha tentang Anda yang belum pernah ia kenai sebelumnya?
Memang cukup sulit mengg mbarkan diri Anda sendiri secara akurat. Dengan cara yang sama Anda juga dapat memikirkan situasi saat Anda melakukan sesuatu yang tidak Anda pikirkan sebelumnya, misalnya Anda  sulit  memperkirakan pe rilaku  Anda  sendiri dalam menghadapi situasi tertentu. Sepertinya, sebagai individu kita semua mempunyai potensi tidak pe ka terhadap sisi -sisi watak kita sendiri. Bahkan, beberapa sisi kel ihatannya sengaja disembunyikan dan sebagian lagi tidak kita sa dari  keberadaannya. Lebih sulit lagi  mendeskripsikan kepribadian orang lain karena kita cenderung terlalu memikirka n stereotype kepribadian tertentu, misalnya orang yang tinggi besar biasanya bersifat agresif. Stereotype ini adalah cerminan dari pendapat kita sendiri yang sering kali tidak akurat. Akan tetapi, satu hal yang perlu diingat adalah bahwa orang-orang yang berwenang  menilai  kepribadian Anda juga mempunyai teori mereka sendiri. Alasan ini pula yang mendasari kita untuk mencari metode yang paling objektif dalam menilai kepribadian, yaitu melalui kuesioner kepribadian .
Catatan Penting

  • Kepribadian dipengaruhi oleh faktor genetik dan pengalaman hidup.
  • Kepribadian membimbing perilaku Anda  menUJU arah tertentu.
  • Teori kepribadian berkaitan dengan perkiraan kecenderungan perilaku Anda yang sebenarnya.
  • Teori jenis kepribadian menempatkan Anda dalam dimensi kepribadian tertentu, seperti dimensi ekstrover dan introver. Teori sifat menempatkan Anda dalam  tingkatan dimensi kepribadian tertentu, seperti tingkatan ekstrover dan in trover. Kita tidak menyadari setiap aspek kepribadian kita sendiri. Sebagian besar dari kita tidak mampu  mendeskripsikan kepribadian kita sendiri .

Sumber: intisari buku personality questionnaires karangan mark parkinson
« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]