Home » , , » Siswa SMP Ini Ciptakan Alat Pembuka Galon

Siswa SMP Ini Ciptakan Alat Pembuka Galon

Melihat ayahnya yang selalu kesulitan saat membuka galon air mineral, dua siswa SMPN 6 Malang ini pun tergerak. Mereka kemudian membuat sebuah alat khusus pembuka galon yang praktis dan aman.

Dua siswa itu bernama Bening Sasmita Adam dan Dimas Fahrizal Ramadhany. Mereka adalah salah satu finalis National Young Inventors Award (NYIA) yang digelar LIPI pertengahan November 2013 lalu.

Meski terdengar sederhana, namun alat yang mereka ciptakan sangat berguna. Beberapa orang sudah memesan secara khusus pembuka tutup galon itu, bahkan ada yang dari luar Jawa.

"Dulu kan lihat orang tua saya kalau buka galon itu kesulitan, lalu saya bicara sama Bening, kita rundingkan baru kepikiran alat ini," kata Dimas.

Keduanya lalu membuat desain alat tersebut. Awalnya mereka melihat cara kerja tang. Kemudian direka sebuah gambar alat yang bisa memutar penutup galon hingga terbuka.

"Jadi cara makainya, alat dimasukkan ke galon, lalu ada lidah plastiknya dimasukkan ke lubang alat itu. Lalu alat ditarik dan diputar, kalau sudah rapi maka tinggal diangkat," jelas Dimas.

"Desainnya mirip pembuka kornet," sambungnya.

Untuk prototipe, Dimas dan Bening menggunakan bahan dasar besi. Setelah alat-alatnya terkumpul, lalu mereka menyambungkannya ke tukang las.

"Kekurangannya alat ini karena masih berat aja. Kita masih pakai besi. Ke depan mungkin bahannya lebih ringan," cerita Dimas.

Dalam waktu dekat, alat ini akan dipatenkan. Tidak menutup kemungkinan, bakal segera beredar di pasaran hasil kreasi dua anak muda hebat ini.

Sumber: Young Inventor Award
« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]