Home » , » Perkembangan Alam Pikiran Manusia

Perkembangan Alam Pikiran Manusia

Sifat Unik Manusia

Bumi tempat manusia .hidup berisi dua macam mahluk: :benda yang sifalnya anorganis dan mahluk yang sifatnya organis. Yang pertama sering disebut sebagai benda mati dan yang kedua disebut mahluk hidup. Benda mati tunduk. pada hukum alam (deterministis),sedmgkart mahluk hidup tunduk pada hukum kehidupan (biologis). Masing-masing memlliki 1ingkat­ tingkat dalam peiwujudannya. Benda bersifat mati, tetap dan tunduk pada hukum alam, sehingga tidak  memiliki perilaku (attitude). Benda tidak bergerak atas kemauan atau kekuatan sendiri, melainkan oleh kekuatan luar.

Foto:Illustrasi
Mahluk organis memiliki kehidupan sehingga mempunyai perilaku. Tunbuhan sebagai mahluk terendah memiliki perikehidupan yang sederllana. Binatang yang lebih tinggi tingkatnya memiliki perilaku yang lebih baik. Manusia sebagai mahluk tertinggi memiliki perilaku yang lebih sempurna. Namun secara umum mahluk-mahluk tersebut memiliki beberapa prinsip yang sama, antara lain, daya gerak, naluri untuk mempertahankan diri, serta untuk mengembangkan keturunannya.

Dibandingkan dengan mahluk lain, jasmani manusia adalah lemah, tetapi rohani atau akal budi dan kemauannya sangat kuat.

Umumnya dikatakan bahwa manusia berbeda dengan binatang karena akal budi yang dimilikinya. Akal bersumber pada otak dan budi bersumber pada jiwa.

Perbedaan manusia dibanding binatang, nampak lebih jelas bila dirinci lebih jauh :

  1. manusia dapat berpikir, sehingga merupakan mahluk yang cerdas atau bijaksana (Homo sapiens)
  2. manusia dapat membuat alat-alat dan mempergunakannya, sehingga disebut manusia kelja (Homo faber)
  3. manusia dapat betbicara (Homo longuens) sehingga apa yang menjadi pemikiran dalam otaknya dapat disampaikan melalui bahasa kepada manusia lain
  4. manusia dapat hidup bermasyarlcat (Homo socius)
  5. manusia dapat mengadakan usaha atas dasar pertlltungan ekonomi (Homo aeconomicus)
  6. manusia menyadari adanya kekuatan gaib yang memiliki kemampuan yang lebih hebat dari manusia, sehingga manjadi manusia berlc.epercayaan atau beragama (Homo re!igieus).

Rasa Ingin Tahu

Dengan akal budi yang dimilikinya, pada manusia timbuI rasa ingin tahu yang selalu berkembang. Rasa ingin tahu itu tidak pernah dapat dipuaskan. Dalam benaknya manusia selalu bertanya karena keingintahuannya: apa sesunggulmya (know what), bagaimana sesuatu terjadi (know how), dan mengapa demikian (know why) tentang benda dan peristiwa yang teljadi di sekitamya, termasuk juga ingin tabu tentang dirinya sendiri. Rasa ingin tahu ini mendorong manusia untuk memahami dan menjelaskan gejala-gejala alam, baik alam besar (makrokosmos) maupun alam kecil (mikrokosmos), serta berusaha memecahkan masalah yang dihadapi, sehingga akhirnya manusia dapat mengumpulkan pengetahuan.

Rasa ingin tahu yang terus berkembang dan seolah-olah tanpa batas itu menimbulkan petbendaharaan pengetahuan pada manusia. Pengetahuan yang diperoleh ini akhimya tidak terbatas pada obyek-obyek yang dapat diamati dengan pancaindra saja atau meliputi pengetahuan tentang kebutuhan praktis sehari-hari, tetapi juga masalah lain yang bemubungan dengan baik atau buindah atau tidak indah, dan sebagainya.
Dengan meningkatnya kemampuan mengingat dan berpikir, manusia dapat mendayagunakan pengetahuan terdahulu dan kemudian menggabungkan dengan pengetahuan yang barn sehingga menghasilkan pengetahuan yang lebih barn lagi. Proses demikian terus berlangsung sehingga teljadi akumulasi pengetahuan seperti yang kita rasakan dewasa ini.

Perkembangan pengetahuan lebih dipermudah atau diperlancar lagi dengan adanya tukar­ menukar informasi mengenai pengetahuan dan pengalaman manusia yang satu dengan yang lain sehingga akumulasi pengetahuan ber angsung lebih cepat
« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]