Home » , » Pendiri Klinik Asuransi Sampah Raih Award dan Dipuji Pangeran Charles

Pendiri Klinik Asuransi Sampah Raih Award dan Dipuji Pangeran Charles

Di Klinik Ini, Berobat Gratis Cukup 'Dibayar' dengan Sampah













Dr Gamal Albinsaid

Terobosan yang dilakukan seorang dokter muda di Malang, Jawa Timur ini sangat inspiratif, memadukan pengelolaan lingkungan dengan layanan pengobatan masyarakat sekaligus. Cukup dengan menyetorkan sampah, warga dapat berobat gratis.

Adalah Dr Gamal Albinsaid, dokter muda lulusan Universitas Brawijaya menggagas sebuah program sosial bagi warga miskin bernama 'Klinik Asuransi Sampah'. Hingga saat ini, warga yang menjadi anggota klinik ini mencapai lebih dari 500 orang.

Gamal menjelaskan, pelayanan kesehatan yang diberikan berupa pemeriksaan dokter, gula darah sampai obat. Program sosial ini sudah dijalankan Gamal beserta beberapa rekan sekampusnya sejak 2010. Namun setelah berjalan sekitar 6 bulan, program klinik ini sempat terhenti. Baru pada Maret 2013, aktivitas yang digelar di bawah payung CV Indonesia Medika ini berlanjut kembali dengan sasaran keluarga miskin.

"Warga cukup menyerahkan sampahnya kepada Klinik Asuransi Sampah dan mereka bisa menikmati berbagai fasilitas pelayanan kesehatan primer," kata Gamal dalam video diskusi 'Get Inspired' yang digelar BBC Indonesia di gedung KNPI Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (28/1/2014).

Diskusi yang digelar bekerjasama dengan detikcom, Smart FM, Inspirasi Muda Kaltim, dan KNPI ini diikuti sekitar 400 pelajar dan mahasiswa dari sekitar kota Balikpapan.

Pria yang baru berusia 24 tahun ini mengatakan, program Klinik Asuransi Sampah sebenarnya bentuk asuransi mikro yang disediakan bagi warga tidak mampu. Namun premi yang diberikan warga tidak dalam bentuk uang langsung, melainkan sampah rumah tangga sehingga tidak membebankan warga.

Sampah yang terkumpul, lanjut Gamal, dikelola beberapa mitra Indonesia Medika sehingga menghasilkan keuntungan rupiah, salah satunya bank sampah. Nah, dari keuntungan rupiah itu sebagiannya menjadi premi asuransi, sehingga warga yang menyetorkan sampah rumah tangganya dapat berobat gratis di Klinik ini.

Program ini telah berjalan di lima titik di kota Malang. Warga dapat berobat kapanpun karena klinik ini buka setiap hari dalam sepekan.
"Namun untuk pengumpulan sampah hanya di setiap Sabtu. Sehingga kalau hari Sabtu, puluhan warga terlihat antre memberikan sampahnya. Sampah yang mereka bawa dapat berupa sampah kering apa saja yang dapat didaur ulang dan kami hargai Rp10.000 sebagai premi," jelas Gamal.

Dokter muda pendiri Klinik Asuransi Sampah di Malang Jawa Timur, Gamal Albinsaid (24) berhasil meraih kemenangan dalam kompetisi memperebutkan Youth Sustainable Living Award di Inggris. Gamal berhasil menyisihkan peserta dari 90 negara. 

Endang Nurdin, produser BBC Indonesia penyelenggara 'Get Inspired' mengatakan, keberhasilan Gamal menjadi inspirasi bagi anak-anak muda Indonesia lainnya. 

"Kami terasa sangat terinspirasi sekali atas apa yang dilakukan Gamal. Semoga anak-anak muda lainnya juga terinspirasi atas apa yang dia lakukan dan kita melakukan sesuatu yang berguna untuk masyarakat dan lingkungan," ujar Endang kepada detikcom, Sabtu (1/2/2014) malam. 

Endang mengatakan dengan keberhasilan meraih Youth Sustainable Living Award, Gamal telah menyisihkan 509 peserta lainnya dari 90 negara. Gamal juga berhak atas hadiah dari Kerajaan Inggris sebesar 50 ribu euro atau sekitar Rp 822 juta. Klinik Asuransi Sampah binaan Gamal juga berhak mendapatkan bimbingan dari Programme Sustainable Living Cambridge University. 

Endang juga mengungkapkan, Pangeran Charles secara khusus mengungkapkan apresiasinya atas terobosan sosial dan lingkungan yang dilakukan Gamal. 

"Saya menyampaikan selamat kepada Gamal Albinsaid atas gagasan mengagumkan ini. Pemimpin muda ini mengembangkan gagasan yang benar-benar inovatif, menangani dua masalah pada saat yang bersamaan; manajemen dan daur ulang sampah serta asuransi kesehatan bagi masyarakat kurang mampu," kata Pangeran Charles dalam acara pemberian penghargaan, sebagaimana dikutip Endang.

Pemberian penghargaan itu berlangsung pada Jumat 31 Januari 2014 di Istana Buckingham, Inggris.

Sementara itu, Gamal mengatakan ingin mengembangkan sistem Klinik Asuransi Sampah ini di bidang lain termasuk pendidikan dengan apa yang disebut Sekolah Asuransi Sampah.

"Dengan karunia yang Tuhan titipkan ini, saya berencana mereplikasi Klinik Asuransi Sampah dengan masif di Indonesia, mencoba mereplikasi di dunia internasional, melakukan penelitian sebagai dasar modifikasi program untuk menjadikannya role model atau rujukan dari konsep asuransi sampah,” jawab Gamal soal rencana pengembangannya ke depan.

Gamal mengatakan, dalam presentasi dirinya menggambarkan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki asuransi kesehatan. Berdaasarkan data internasional, hampir separuh penduduk Indonesia berpenghasilan di bawah USD 2 per hari. 

"Lalu, saya mencoba menawarkan solusi yang bisa menciptakan model keuangan kesehatan yang memungkinkan setiap orang mendapatkan akses kesehatan dari sumber daya rumah tangga. Sampah adalah solusi terbaik, karena hampir setiap hari, setiap orang, dan setiap rumah memproduksi sampah yang tidak digunakan. Secara praktis, saya meminta masyarakat menyerahkan sampah sejumlah Rp 10 ribu dan dikembalikan sebagai asuransi kesehatan pada layanan primer," jelas Gamal.

Kompetisi ini merupakan program internasional tahunan yang digelar Univerisitas Cambridge yang didesain untuk menginspirasi kaum muda dari berbagai belahan dunia agar peduli dengan isu kesehatan, sosial dan lingkungan. Kompetisi ini dikhususkan bagi mereka yang kreatif dan berusia di bawah 30 tahun. 

Enam finalis lainnya adalah Manuel Wichers dari Meksiko, Surya Karki (Nepal), Anu Sridharan (India), Curt Bowen (Guatemala), Blessing Mene (Nigeria), dan Isabel Medem (Peru). 

Sumber berita: detik.com
« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]