Home » , , , » Ciri Khusus Penelitian Tindakan Kelas

Ciri Khusus Penelitian Tindakan Kelas

PTK adalah penelitian tindakan untuk memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelasnya,sehingga berfokus pada proses belajar­ mengajar yang terjadi di kelas. PTK ada tindakan yang nyata yang diyakini lebih baik dari yang biasa dilakukan.

Foto: Illustrasi
Penelitian Tindakan Kelas yang disingkat dengan istilah PTK (dalam bahasa Inggris disebut Classroom Action Research, disingkat CAR). Dalam PTK guru memberikan tindakan kepada siswa.
Menurut Arikunto (2007), yang dimaksud dengan tindakan' adalah suatu kegiatan yang diberikan oleh guru kepada siswa agar mereka melakukan sesuatu yang berbeda dari biasanya, bukan hanya mengerjakan soal yang ditulis di papan tulis, atau mengerjakan LKS.

Salah satu keistimewaan PTK adalah, guru yang ingin melaksanakan penelitian tidak perlu pergi ke mana-mana, tetapi sesuai dengan namanya, hanya terjadi di kelas, yaitu di kelasnya sendiri. Selain itu siswa menjadi aktif melaksanakan tindakan karena dalam pelaksanaan PTK siswa diaktifkan.

Istilah "kelas" dalam PTK tidak terpancang pada ruang kelas yang dibatasi dengan empat dinding sisi-sisi ruang. Yang dimaksud dengan "kelas" dalam pengertian ini adalah sekelompok siswa yang sedang belajar bersama di bawah bimbingan seorang guru.

Ciri khusus dari PTK adalah adanya tindakan (action) yang nyata. Tindakan itu dilakukan pada situasi alami (bukan dalam laboratorium) dan ditujukan untuk memecahkan permasalahan-permasalahan praktis.
Ciri lainnya adalah :

  • kegiatan penelitian yang tidak saja bertujuan memecahkan masalah,tetapi juga mencari dukungan!lmiahnya,
  • merupakan bagian penting dari upaya pengembangan profesional guru,karena PTK mampu membelajilrkan guru untuk berpikir kritis dan sistematis, mampu membiasakan-membelajaran guru untuk menulis dan membuat catatan, 
  • masalah yang dikaji berasal dari adanya permasalahan yang nyata dan aktual yang terjadi dalam pembelajaran di kelas, bukan masalah teoritis atau bersifat bebas konteks,serta
  • dimulai dari permasalahan yang sederhana, nyata,jelas dan tajam mengenai hal-hal yang terjadi di dalam kelas.

Arikunto (2007) menuliskan beberapa ciri penting dalam pelaksanaan
PTK,yaitu antara lain:

  1. PTK merupakan penelitian yang dilakukan bersama secara aktif oleh guru dan siswa dalam suatu waktu tertentu.
  2. PTK tidak boleh mengganggu tugas proses mengajar guru dan pembelajaran siswa, jadi PTK berlangsung dalam situasi pembelajaran secara wajar, tidak boleh mengubah jadwal dan menuntut peralatan yang berlebih-lebihan.
  3. PTK tidak boleh terlalu banyak menghabiskan waktu,sehingga PTK sudah harus dirancang dan dipersiapkan dengan rinci dan matang.
« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]