Home » , , , , , » BUKU - Pedoman Hak dan Kepentingan Masyarakat dalam Asuransi Kesehatan Nasional

BUKU - Pedoman Hak dan Kepentingan Masyarakat dalam Asuransi Kesehatan Nasional

Pada saat kita jatuh sakit, selain ada dokter dan perawat yang merawat kita, jangan lupa bahwa “Askes Nasional” menemani kita senantiasa! Pemerintah meluncurkan Askes Nasional sejak 1 Maret 1995, dengan harapan untuk dapat melindungi kesehatan seluruh masyarakat di negara ini.

Foto: Cover Buku Pedoman Hak dan
Kepentingan Masyarakat dalam
Asuransi Kesehatan Nasional
“Askes Nasional” adalah asuransi yang harus diikuti oleh seluruh warga sejak lahir, Askes nasional adalah semacam sistem di mana seluruh warga saling membantu satu dengan yang lain. Kita membayar premi asuransi secara teratur sesuai dengan peraturan yang berlaku, jika ada orang yang jatuh sakit, pemerintah akan menggunakan premi yang diterima untuk membantu pasien membayar sebagian dari biaya pengobatan kepada lembaga medis, sehingga bila kita jatuh sakit, tidak hanya beban biaya yang harus kita keluarkan berkurang, kita juga dapat memperoleh perawatan medis yang tepat dan dapat pulih kembali dengan lebih cepat.

Dengan kata lain, Anda cukup membayar dengan tepat waktu premi Askes Nasional tiap bulan, selain dapat membantu diri Anda sendiri bila jatuh sakit, juga dapat membantu orang lain. Pada waktu orang lain jatuh sakit, mereka juga dapat tertolong dengan bantuan Anda.

“Askes Nasional” adalah asuransi sosial wajib. Seluruh warga negara Taiwan yang berdomisili di Taiwan dan Warga Negara Asing yang tinggal di Taiwan dan memiliki ARC (Kartu Izin Tinggal), baik orang dewasa maupun anak-anak, tidak peduli apapun jenis kelamin dan umurnya, memiliki pekerjaan ataupun tidak, menurut Undang-undang yang berlaku, semuanya diwajibkan untuk mengikuti Askes Nasional. Selain itu, asuransi ini harus diikuti seumur hidup, sejak lahir hingga meninggal dunia, dan tidak diperbolehkan untuk keluar dari asuransi dengan sewenang-wenang, kecuali bila peserta kehilangan hak untuk berpartisipasi (misalnya orang yang hilang, melepas kewarganegaraan, pindah dan menetap di luar negeri, atau izin tinggal telah habis masa berlakunya). Bagi yang tidak.

Bila Anda tergolong wajib ikut serta dalam Askes, tapi hingga saat ini Anda masih belum bergabung, selain dapat didenda minimal 3.000 NT dan maksimal 15.000 NT, sesuai dengan hukum yang berlaku, Anda juga diharuskan untuk mengurus ulang untuk bergabung dalam Askes dan harus membayar seluruh premi Askes yang belum Anda bayar dalam Bab5 tahun terakhir, terhitung sejak hari Anda memenuhi syarat untuk mengikuti Askes.

Sebelum Anda melunasi seluruh denda dan premi Askes, Askes tidak akan membayar biaya pengobatan Anda. Setelah Anda melunasi seluruh denda dan premi, dalam jangka waktu 6 bulan, Anda dapat mengajukan permohonan ke Badan Asuransi Kesehatan untuk pengembalian biaya pengobatan yang telah Anda bayar terlebih dahulu (untuk informasi tentang “Pengembalian biaya pengobatan yang dibayar sendiri terlebih dahulu”, lihat halaman 108-112 untuk lebih jelasnya)
Setiap peserta Askes Nasional harus mengajukan permohonan sendiri untuk mendapatkan “Kartu Askes”. Kartu ini digunakan sebagai bukti pada waktu berobat di klinik atau rumah sakit, simpanlah Kartu Askes Anda dengan baik-baik.

« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]