Home » , , , » BUKU – Panduan Uang Rupiah

BUKU – Panduan Uang Rupiah

Mata Uang adalah uang yang dikeluarkan oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia yang selanjutnya disebut Rupiah. Pasal 11 Undang-Undang No.7 Tahun 2011 tentang Mata Uang memberikan mandat bagi Bank Indonesia menjadi satu-satunya lembaga yang berwenang melakukan Pengeluaran, Pengedaran dan/atau Pencabutan Rupiah.

Foto: Cover Buku Panduan Uang Rupiah
Dalam rangka menjaga kualitas Rupiah yang beredar di masyarakat, Bank Indonesia menerapkan kebijakan untuk mengganti Rupiah yang tidak layak edar dengan Rupiah yang layak edar. Kebijakan ini bertujuan untuk menjaga Rupiah yang beredar dalam kualitas yang baik sehingga mudah dikenali ciri-ciri keasliannya
.
Tujuan pembuatan buku Standar Mata Uang Rupiah sebagai panduan kepada perbankan, perusahaan Cash in Transit (CIT), retailer dan masyarakat dalam melakukan sortasi atau memilah Rupiah yang meliputi :
  • Ciri-ciri keaslian Rupiah,
  • Standar visual kualitas Rupiah dan,
  • Daftar Rupiah yang dicabut/ditarik dari peredaran

Selain itu, buku ini memberikan pemahaman prosedur penyelesaian lebih lanjut apabila ditemukan uang yang diragukan keasliannya, Rupiah yang dicabut/ditarik dari peredaran dan Rupiah rusak, sebagaimana diamanatkan dalam UU No.7 Tahun 2011 tentang Mata Uang.

« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]