Home » , , » BUKU – Panduan Program Peningkatan Mutu Publikasi Ilmiah

BUKU – Panduan Program Peningkatan Mutu Publikasi Ilmiah

Salah satu fokus perhatian sivitas akademika sebagai sebuah satuan pendidikan tinggi adalah memiliki daya saing pada level nasional maupun internasional. Hal itu di antaranya adalah mutu sumber daya manusia, sarana prasarana, sampai dengan mutu penelitian, pengabdian masyarakat, maupun publikasi ilmiah. Publikasi ilmiah merupakan salah satu anasir penting dan sekaligus menjadi indikator kunci sebuah kerja akademik yang dilakukan perguruan tinggi.

Foto: Cover
Di antara kegiatan yang dirancang DIKTIS untuk meningkatkan mutu publikasi ilmiah di lingkungan PTAI adalah dengan menyelenggarakan Program Peningkatan Mutu Publikasi Ilmiah, Hak Kekayaan Intelektual (HKI), dan Pangkalan Data Karya Akademik. Program ini sengaja didesain untuk mendukung kegiatan pokok program pembangunan pendidikan Islam yang menjadi salah satu tanggung jawab Kementerian Agama , dalam hal ini Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, khususnya memberikan akses yang luas bagi dosen dan mahasiswa untuk upaya peningkatan kapasitas (capacity building) di ranah akademik, khususnya dalam bidang publikasi ilmiah.

Hal ini sejalan dengan visi dan misi Rencana Strategis (renstra) Pendidikan Islam, Kementerian Agama 2010-2014, yaitu peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing pendidikan Islam. Program ini dikemas dengan cara memberikan dana hibah yang dialokasikan khusus untuk meningkatkan mutu proses, produksi, maupun reproduksi publikasi ilmiah yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa di lingkungan PTAI. Program diselenggarakan dengan asas kompetisi, transparansi, kualitas, dan akuntabilitas, sehingga terbuka bagi setiap dosen PTAI, baik negeri maupun swasta—tidak terkecuali dosen Fakultas Agama Islam (FAI), serta dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Perguruan Tinggi Umum (PTU)— dan seluruh mahasiswa PTAI.

Program Peningkatan Mutu Publikasi Ilmiah akan dilaksanakan setiap tahun dan dialokasikan pendanaannya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Sebagaimana telah disebut pada bagian pendahuluan, Program Peningkatan Mutu Publikasi Ilmiah, Hak Kekayaan Intelektual (HKI), dan Pangkalan Data Karya Akademik Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (DIKTIS) merupakan salah satu wujud nyata upaya pembangunan pendidikan Islam, khususnya di bidang publikasi ilmiah pada level pendidikan tinggi Islam. Di samping untuk perluasan akses dan peningkatan mutu pendidikan Islam di bidang publikasi ilmiah, Program Peningkatan Mutu Publikasi Ilmiah, Hak Kekayaan Intelektual (HKI), dan Pangkalan Data Karya Akademik DIKTIS.

« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]