Home » , , » BUKU – Panduan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan

BUKU – Panduan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan

Dalam usaha mewujudkan calon-calon pengusaha muda terdidik atau pengusaha muda pemula, penumbuhkembangan budaya kewirausahaan di perguruan tinggi dapat dimulai melalui program Kuliah Kewirausahaan. Walaupun naluri kewirausahaan tidak mungkin hanya diperoleh dari perkuliahan, KWU ini dilaksanakan dalam usaha memperkenalkan dunia wirausaha sebagai inisiasi ditumbuhkannya jiwa kewirausahaan dari mahasiswa peserta kuliah. Agar terjadi interaksi antara mahasiswa dari berbagai bidang studi dalam proses pembelajaran kewirausahaan, maka peserta kegiatan KWU tidak diperkenankan hanya berasal dari satu Jurusan/Fakultas penyelenggara mata kuliah, namun harus melibatkan sebanyak mungkin mahasiswa dari Jurusan/Fakultas lainnya.

Foto: Contoh Format
Kuliah Kewirausahaan dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan kewirausahaan, pengalihan pengalaman berwirausaha serta mendorong tumbuhnya motivasi berwirausaha, sebagai aktivitas awal mahasiswa yang berminat menjadi wirausahawan baru yang handal. Secara khusus tujuan KWU adalah: (1) meningkatkan pemahaman dan penjiwaan kewirausahaan dikalangan mahasiswa agar mampu menjadi wirausahawan yang berwawasan jauh ke depan dan luas berbasis ilmu yang diperolehnya, (2) dapat mengenal pola berpikir wirausaha serta meningkatkan pemahaman manajemen (organisasi, produksi, keuangan dan pemasaran), dan (3) memperkenalkan cara melakukan akses informasi dan pasar serta teknologi, cara pembentukan kemiteraan usaha, strategi dan etika bisnis, serta pembuatan rencana bisnis atau studi kelayakan yang diperlukan mahasiswa agar lebih siap dalam pengelolaan usaha yang sedang akan dilaksanakan.

Selama menjadi pilot project, Kuliah Kewirausahaan yang setara dengan 2 sks, menjadi tanggung jawab LPM perguruan tinggi pengusul, sedangkan Jurusan/Fakultas sebagai pelaksana, di bawah koordinasi Pembantu/Wakil Rektor urusan akademis. Kegiatan KWU dilaksanakan dalam lingkup dan tahapan: (1) persiapan kuliah yang mencakup seleksi calon peserta, penyusunan kurikulum, silabus, satuan acara perkuliahan, modul dan simulasi kewirausahaan, penentuan tolok ukur keberhasilan, penetapan pengajar baik dari perguruan tinggi maupun praktisi/pengusaha, (2) pelaksanaan kuliah melalui tatap muka, simulasi, penugasan penyusunan rencana bisnis yang operasional dan diperkaya dengan kunjungan ke industri, (3) evaluasi terhadap proses belajarmengajar, evaluasi diri dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan, (4) penyusunan business plan oleh mahasiswa peserta KWU dan (5) pemantapan pelaksanaan yang dilakukan melalui pengembangan dan penyempurnaan materi, perbaikan kualitas pengajar serta pelaksanaan kuliah untuk tahun akademik berikutnya.

« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]