Home » , , , » BUKU – Panduan Permohonan Izin Pemasukan Dan Pengeluaran Sumber Daya Genetik Tanaman Untuk Penelitian

BUKU – Panduan Permohonan Izin Pemasukan Dan Pengeluaran Sumber Daya Genetik Tanaman Untuk Penelitian

Upaya peningkatan hasil pertanian yang memiliki kemampuan daya saing tinggi, memerlukan dukungan inovasi teknologi perakitan varietas unggul yang diikuti dengan produksi benih bermutu dari varietas unggul yang merupakan komponen terpenting dalam budidaya. Ketersediaan Sumber Daya Genetik (SDG) Tanaman bermutu yang memiliki sifat unggul sampai saat ini masih dirasakan terbatas. Di sisi lain kebutuhan petani dan pelaku usaha agribisnis terhadap jenis SDG makin beragam sejalan dengan beragamnya ekosistem pertanian di Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Kondisi ini menunjukkan bahwa petani pada umumnya telah menyadari akan pentingnya benih bermutu yang cocok dengan lahan yang dimilikinya. Oleh sebab itu benih unggul bermutu suatu varietas harus dihasilkan melalui serangkaian kegiatan pemuliaan tanaman yang terencana dan berkelanjutan.

Foto: Panduan Permohonan Izin
Pemasukan Dan Pengeluaran
Sumber Daya Genetik
Tanaman Untuk Penelitian
Sehubungan dengan diperlukannya penyediaan SDG unggul, maka kegiatan perakitan varietas perlu lebih ditingkatkan. Keterbatasan ketersediaan varietas unggul komersial yang sudah dilepas cenderung mendorong pengusaha benih mengimpor langsung calon varietas. Hal ini menunjukkan bahwa keunggulan komparatif varietas/kultivar unggul yang dihasilkan dalam negeri masih belum cukup. Di sisi lain pengeluaran materi genetik ke negara lain yang tidak terkendali dikawatirkan akan mengurangi daya saing kita pada skala global, mengingat sampai saat ini Indonesia belum memiliki Undang-Undang tentang Pengelolaan Sumber Daya Genetik.

Pemerintah mengatur izin pemasukan dan pengeluaran SDG dengan Peraturan Menteri Pertanian. Sesuai dengan Permentan Nomor 37 Tahun 2011, izin pemasukan dan pengeluaran SDG untuk penelitian dikeluarkan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian atas nama Menteri Pertanian. Mengingat luas dan besarnya manfaat dan dampak dari pemasukan atau pengeluaran SDG tanaman. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, menerbitkan Panduan ini.

Panduan ini dimaksudkan sebagai acuan bagi pemohon baik lembaga penelitian pemerintah, swasta dan perorangan dalam memperoleh izin pemasukan dan pengeluaran SDG tanaman untuk kegiatan penelitian. Panduan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang tata cara permohonan dan proses pemberian izin pemasukan dan pengeluaran SDG tanaman untuk penelitian.

« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]