Home » , , , , » BUKU - Panduan Pelaksanaan Penelitian di Perguruan Tinggi

BUKU - Panduan Pelaksanaan Penelitian di Perguruan Tinggi

Buku panduan penelitian Edisi VIII menjelaskan tentang kebijakan atau mekanisme pengelolaan penelitian di perguruan tinggi yang dananya berasal dari Ditjen Dikti, baik dalam bentuk Program Desentralisasi Penelitian maupun Program Penelitian Kompetitif Nasional. Pada bagian lain, buku panduan ini memuat penjelasan rinci dari setiap skim penelitian, tata cara pengajuan dan seleksi proposal penelitian, monitoring dan evaluasi pelaksanaan penelitian, serta pelaporan hasil penelitian.

Dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 20 dengan tegas menyatakan bahwa perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, di samping melaksanakan pendidikan. Untuk dapat menyelenggarakan kewajiban penelitian tersebut perguruan tinggi dituntut untuk memiliki dosen yang kompeten serta mampu menyusun proposal penelitian, melaksanakan penelitian, mendesiminasikan hasil penelitian dan pada akhirnya menghasilkan berbagai proses dan produk teknologi, seni, dan budaya yang berujung antara lain pada Hak Kekayaan Intelektual dalam rangka meningkatkan harkat dan martabat bangsa. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian harus dilakukan secara profesional dengan prinsip-prinsip akuntabel, transparan, dan mengacu kepada sistem penjaminan mutu penelitian.

Sejalan dengan visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), cq Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Dit. Litabmas) mendorong dan memfasilitasi para dosen dalam melaksanakan kegiatan penelitian guna mendukung peningkatan mutu pendidikan tinggi, daya saing bangsa, dan kesejahteraan rakyat secara terprogram dan berkelanjutan. Program penelitian Dit. Litabmas mencakup semua bidang keilmuan, yaitu agama, ekonomi, hukum, kesehatan, keolahragaan, MIPA, pendidikan, pertanian, psikologi, rekayasa, satra-filsafat, sosial-humaniora, seni, dan budaya.

Selain mengembangkan dan menawarkan berbagai program penelitian langsung ke perguruan tinggi, Dit. Litabmas juga senantiasa membangun kerjasama dengan berbagai lembaga mitra, baik di tingkat nasional maupun internasional. Di tingkat nasional, kerjasama dilakukan dengan lembaga pemerintah seperti kementerian/non-kementerian, pemerintah daerah, dan lembaga kemasyarakatan. Dit. Litabmas juga terus mengembangkan kerjasama antara perguruan tinggi Indonesia dengan lembaga riset internasional, asosiasi keilmuan, dan lembaga pendidikan di berbagai negara.

Di samping program hibah penelitian yang bersifat mono tahun, sejak tahun 1992 Dit. Litabmas telah mengeluarkan berbagai program hibah penelitian jangka panjang (multi tahun) yang diharapkan dapat menghasilkan luaran yang benar-benar bermutu dan bermanfaat bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Mulai tahun 2011 sesuai dengan kebijakan Ditjen Dikti, sebagian kegiatan penelitian yang bersifat multi tahun telah dilimpahkan kewenangan pengelolaannnya ke perguruan tinggi melalui program Hibah Penelitian Desentralisasi. Kebijakan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan budaya meneliti bagi para dosen serta merangsang terbentuknya kelompok-kelompok peneliti handal secara merata di seluruh perguruan tinggi Indonesia. Perguruan tinggi juga diwajibkan untuk mengembangkan program penelitian unggulan guna memanfaatkan kepakaran, sarana dan prasarana yang ada di perguruan tinggi selaras dengan kebutuhan pembangunan lokal, nasional maupun internasional. Sementara itu, untuk menjawab tantangan yang lebih luas dan bersifat strategis, Ditjen Dikti melalui Dit. Litabmas terus mengembangkan program Hibah Penelitian Kompetitif Nasional yang pengelolaannya dilakukan oleh Dit. Litabmas.

Desentralisasi penelitian pada hakekatnya adalah pelimpahan tugas dan wewenang kepada perguruan tinggi dalam pengelolaan penelitian agar tercipta iklim akademik yang kondusif untuk melaksanakan kegiatan penelitian secara berkualitas, terprogram dan berkesinambungan. Desentralisasi penelitian pada akhirnya akan menghasilkan kemandirian kelembagaan penelitian di perguruan tinggi dalam mengelola penelitian secara transparan, akuntabel dan objektif. Guna mendukung program desentralisasi penelitian ini dapat berjalan dengan baik, maka Ditjen Dikti melalui Dit. Litabmas telah melakukan berbagai upaya persiapan.

« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]