Home » , , » BUKU – Panduan Pegangan Sosialisasi dan Implementasi Program-Program Kompensasi Kebijakan Penyesuaian Subsidi Bahan Bakar Minyak 2013

BUKU – Panduan Pegangan Sosialisasi dan Implementasi Program-Program Kompensasi Kebijakan Penyesuaian Subsidi Bahan Bakar Minyak 2013

Anggaran subsidi BBM dapat direalokasikan untuk Program Percepatan dan Perluasan Perlindungan Sosial (P4S), yang meliputi peningkatan kuantitas beras yang dapat dibeli oleh Rumah Tangga miskin melalui Program Raskin, peningkatan cakupan dan nilai manfaat bantuan tunai bersyarat PKH, dan perluasan cakupan dan manfaat Program BSM.

Selain peningkatan cakupan dan nilai manfaat, juga dilakukan perbaikan mekanisme penetapan sasaran (targeting) agar P4S diterima oleh Rumah Tangga yang berhak. Perbaikan ini dilakukan dengan menyiapkan mekanisme Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang dapat digunakan oleh Rumah Tangga Sasaran, berdasarkan Basis Data Terpadu, untuk menerima manfaat P4S.
Di sisi lain, kebijakan pengurangan subsidi BBM dalam jangka pendek akan diikuti dengan peningkatan harga yang akan menekan daya beli masyarakat, terutama rumah tangga miskin dan rentan. Karena itu, diperlukan inisiatif kebijakan jangka pendek yang dapat mempertahankan daya beli kelompok Rumah Tangga miskin dan rentan.

Foto: Cover
Program jangka pendek yang akan dilaksanakan oleh pemerintah adalah Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM). Melalui program ini, pemerintah memberikan dana tunai secara langsung kepada rumah tangga miskin dan rentan. BLSM akan diberikan untuk jangka waktu lima bulan dengan besaran bantuan senilai Rp. 150.000/bulan.

Relokasi anggaran dari pengurangan subsidi BBM juga digunakan untuk Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur (P4I), yang mencakup Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Permukiman (P4-IP), Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (P4-SPAM), dan Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Sumber Daya Air (P4-ISDA).

“Buku Pegangan Sosialisasi dan Implementasi Program-Program Kompensasi Kebijakan Penyesuaian Subsidi Bahan Bakar Minyak 2013” ini secara ringkas memuat informasi tentang berbagai program yang akan diperkuat dan diperluas cakupannya beserta komponen-komponen pendukung pelaksanaannya untuk membantu rumah tangga miskin dan rentan.

« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]