Home » , , » BUKU - Panduan Identifikasi Lokasi Desa Terpencil Desa Tertinggal dan Pulau - Pulau Kecil

BUKU - Panduan Identifikasi Lokasi Desa Terpencil Desa Tertinggal dan Pulau - Pulau Kecil

Penyeimbangan pembangunan sudah saatnya mulai dilaksanakan diantaranya memulai pembangunan desa terpencil, tertinggal dan pulau pulau kecil sesuai kebutuhan kondisi fisik setempat dan kebutuhan komunitas dalam menunjang kehidupan dan penghidupan sehari harinya Desa tertinggal, terpencil dan pulau pulau kecil secara rata rata dapat dikategorikan sebagai wilayah yang pelayanan infrastrukturnya jauh dari standar minimal.

Penanganan desa terpencil, tertinggal dan pulau pulau kecil hendaknya dilakukan bukan sekedar pemerataan pembangunan tapi justru menjadi fokus kegiatan pembangunan nasional yang dampak utamanya adalah menghilangkan ketertinggalan dan meminimalkan kemiskinan masyarakat melalui layanan kemudahan bagi kawasan tersebut serta komunitas yang finggal didalamnya. Pengembangan Kawasan dan Permukiman merupakan entry point yang konsep penanganannya telah mendekati baku dengan pendekatan pemberdayaan (sosial kemasyarakatan, ekonomi dan lingkungan) akan menyentuh langsung secara komprehensif baik fisik kawasannya maupun masyarakat yang tinggal didalamnya.

Kegiatan identifikasi desa terpencil, tertinggal dan pulau pulau kecil diharapkan dapat mendata kawasan kawasan tersebut secara rinci yang ditampilkan dalarn urutan prioritas yang mengutamakan kawasan yang perlu segera ditangani, melalui pendekatan dan batasan daerah pada hirarki Kabupaten. Sementara itu Program pembangunan Nasional (Propenas) menjadikan pengembangan kawasan tertinggal sebagai prioritas pembangunan dan pada dasarnya kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pemerataan pembangunan agar secara keseluruhan Pembangunan Nasional maju secara bersama.

Kegiatan Identifikasi Lokasi Desa Terpencil, Desa Tertinggal dan Pulau-Pulau Kecil memiliki maksud mendapatkan daftar lokasi desa terpencil, desa tertinggal dan pulau-pulau kecil yang diindikasikan pada suatu Kabupaten/Kota yang telah ditentukan sebelumnya.Kegiatan Identifikasi Lokasi Desa Terpencil, Desa Tertinggal dan Pulau-Pulau Kecil bertujuan untuk memudahkan pemrograman penanganan pada tahapan selanjutnya pada desa terpencil, desa tertinggal dan pulau-pulau yang diindikasikan dalam daftar lokasi.
Yang dimaksud dengan Identifikasi Lokasi Desa Terpencil, Desa Tertinggal dan Pulau-Pulau Kecil merupakan suatu studi/kajian sebagai upaya penetapan lokasi-lokasi yang termasuk dalam kriteria dan parameter Desa Terpencil, Desa Tertinggal dan Pulau-Pulau Kecil yang telah ditetapkan sesuai Kebijakan-Kebijakan Nasional.

« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]