Home » , , » BUKU – Panduan Analisa Harga Satuan

BUKU – Panduan Analisa Harga Satuan

Maksud dan tujuan penyusunan Buku Panduan Analisa Harga Satuan ini adalah untuk menyamakan konsep dasar pembuatan EE (Engineer's Estimate) bagi unsur Perencana dengan konsep dasar pembuatan OE (Owner's Estimate) bagi unsur Pelaksana, serta mendukung penyiapan EE dan OE tersebut agar lebih akurat pada proses perencanaan, pra kontrak maupun pada saat kaji ulang perencanaan (review design/technical justification) pada proses pelaksanaan konstruksi.

Adapun yang menjadi tujuan penyusunan OE adalah untuk mendapatkan perkiraan harga pekerjaan Jasa Pemborongan dalam arti :
  1. Perkiraan harga tersebut menjamin pelaksanaan pekerjaan akan memenuhi persyaratan dan secara teknis dapat dipertanggung­ jawabkan ;
  2. Perhitungan harga yang disusun dapat dipertanggungjawabkan.
  3. Perhitungan harga tersebut merupakan alternatip terendah yang memenuhi syarat-syarat sebagaimana dimaksud dalam butir 1 dan butir 2 di atas ;
  4. Perkiraan harga tersebut merupakan acuan dalam penentuan pemenang lelang atau penentuan harga pemilihan langsung pengadaan jasa pemborongan.
Data harga satuan dasar yang digunakan dalam perhitungan analisa harga satuan adalah sebagai berikut :
  1. Harga pasar setempat pada waktu yang bersangkutan
  2. Harga kontrak untuk barang/pekerjaan sejenis setempat yang pernah dilaksanakan dengan mempertimbangkan faktor-faktor kenaikan harga yang terjadi
  3. lnformasi harga satuan yang dipublikasikan secara resmi oleh Biro Pusat Statistik (BPS) dan media cetak lainnya
  4. Daftar harga/tarif barang/jasa yang dikeluarkan oleh pabrik atau agen tunggal
  5. Daftar harga standar yang dikeluarkan oleh lnstansi yang berwenang baik pusat maupun daerah
  6. Data lain yang dapat digunakan.
Foto: Cover Buku Panduan
Analisa Harga Satuan
Dalam rangka mengembangkan jaringan jalan yang efisien dengan kualitas yang baik, perlu diterbitkan buku-buku standar mengenai perencanaan, pelaksanaan, pengoperasian dan pemeliharaan. Untuk maksud tersebut Direktorat Jenderal Bina Marga, selaku pembina jalan di Indonesia telah berusaha menyusun buku-buku yang diperlukan sesuai dengan prioritas dan kemampuan yang ada.

Buku "Panduan Analisa Harga Satuan No. 028ff/BM/1995" ini merupakan salah satu Konsep dasar yang dihasilkan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga yang masih memerlukan pembahasan-pembahasan oleh Panitia Kerja dan Panitia Tetap Standardisasi apabila akan diusulkan menjadi Rancangan SNI atau Pedoman Teknik Departemen.

Namun demikian, kiranya buku ini sudah dapat diterapkan dalam kegiatan-kegiatan perkiraan biaya pekerjaan, baik yang disusun oleh Perencana (Engineer's Estimate I EE) maupun yang disusun oleh Panitia Pelelangan dan disahkan oleh Pinpro/Kepala Kantor yang bersangkutan (Owner's Estimate I OE), yang meliputi pembangunan jalan baru, peningkatan dan pemeliharaan. Selanjutnya kami mengharapkan dari penerapan di lapangan dapat diperoleh masukan-masukan kembali berupa saran dan tanggapan guna penyempumaan selanjutnya.

« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]