Home » , » Beberapa Cara Sukses Ala Richard Branson, si Pendiri 360 Perusahaan Besar Dunia

Beberapa Cara Sukses Ala Richard Branson, si Pendiri 360 Perusahaan Besar Dunia

Pengusaha Inggris bernama lengkap Sir Richard Charles Nicholas Branson yang memiliki 360 Perusahan besar dan ternama di dunia, pertama kali berbisnis pada usia 16 tahun dengan mendirikan majalah Student, kemudian berkembang dan saat ini menjadi orang terkaya ke-255 di dunia versi Forbes dengan kekayaan bersih US$4,2 miliar.

Berikut 10 cara agar anda dapat mengikuti cara Richard Branson untuk menjadi seorang pengusaha sukses seperti dilansir Entrepreneur.com :

1. Jadilah orang yang memiliki jiwa pemberani dan ikuti insting anda

Memulai sebuah usaha tentunya memiliki risiko dan terus berinovasi sebelum ide bisnis anda dicuri orang. Uang, reputasi dan hubungan relasi yang kuat memang dibutuhkan namun seorang pengusaha harus tahu kapan mengambil kesempatan.  

Saat Branson meluncurkan maskapai Virgin Atlantic pada 1984 dan Virgin Australia pada 2000, dewan komisaris tidak setuju mengingat peluang sukses yang kecil. Namun Branson tetap mengikuti nalurinya dan tetap mengambil keputusan tersebut. Hasilnya, saat ini Virgin Atlantic telah menerbangkan lima juta penumpang per tahun.

2. Jangan masukkan masalah pribadi dalam bisnis

Didiagnosa dokter terkena diseleksia, Branson muda terpaksa kel uar dari sekolah pada usia 16 tahun karena tidak bisa mengikuti pelajaran sekolah. Branson mengubah kekurangannya tersebut dengan menjadi keuntungan menjadi pengusaha.

Dalam setiap membahas perusahaannya, Richard Branson selalu meminta rekannya untuk membacakan dengan keras dan detil untuk memberikan Branson konsep bisnis secara keseluruhan. Branson kemudian tidak menggunakan jargon-jargon industri dengan bahasa yang biasa. "Jika anda berada di posisi kurang menguntungkan maka cara terbaik mengatasinya adalah mengubah hal negatif menjadi positif," katanya.

3. Buat jaringan yang solid

Ide bisnis yang bagus sekalipun akan percuma jika tidak ada satupun orang yang mengetahuinya dan orang-orang pun tidak bisa membantu anda. Seorang wirausaha yang sukses akan memulai bisnisnya dengan membangun jaringan bisnis dan jaringan bisnis tersebut akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan bisnis.

Saat Branson memulai jaringan untuk memulai bisnis Virgin Music pada 1970-an, Ia mulai membangun jaringan dengan para manajer dan musisi untuk bergabung dengan dirinya. Saat ini, untuk membangun jaringan bisa dimulai dari menghadiri acara bisnis, bergabung dengan asosiasi dan aktif di sosial media.

4. Terbuka dengan perubahan

Pertumbuhan ekonomi dan teknologi yang pesat mau tidak mau akan terjadi sehingga seorang wirausaha dituntut untuk terus menyesuaikan diri.

Branson dengan Virgin Records terus mengantisipasi perubahan teknologi pemutar musik, dari piringan hitam, menjadi kaset lalu berevolusi menjadi CD. Branson mengubah model bisnis Virgin Records beberapa kali hingga Ia menjual perusahaan tersebut kepada  EMI pada 1992.

5. Jangan ragu untuk meminta tolong

Seorang pengusaha adalah manusia juga yang memiliki keterbatasan. Kadang-kadang seorang pengusaha membutuhkan orang lain yang dipercaya untuk memberikan masukan dan bantuan.

Pada usia 19, Branson memulai bisnis audio record mail-order tanpa konsultasi dengan siapapun. Branson terkena masalah oleh bea cukai karena menghindar dari masalah pajak. Ibunya lalu mengeluarkan Branson dari penjara dan kemudian menjadi salah satu mentor bisnisnya. 

6. Dengar keluhan pelanggan

Branson menggunakan media sosial untuk mendapatkan pandangan nyata konsumen tentang bagaimana perusahaannya berjalan. Memanfaatkan jaringan sosial hingga cara lama yaitu membuka layanan telepon untuk keluhan pelanggan itu sangat penting agar pelanggan tahu bahwa perusahaan peduli dengan kebutuhan konsumen.

"Masukan dari pelanggan membuat kami belajar bagaimana produk dan layanan kami dapat lebih baik dari sebelumnya," katanya. 

7. Fokus untuk mengembangkan Bisnis

Walaupun telah memiliki model bisnis yang bagus, setiap wirausaha akan mengalami gangguan dan tergoda untuk membuat perubahan di tengah jalan. Branson menyarankan untuk mengetahui tujuan bisnis awal dan pastikan untuk fokus menjalankan tujuan tersebut.

Branson selalu menghadiri pelatihan tahunan karyawan Virgin Amerika untuk menjaga antusiasme karyawan dan mencegah para karyawan untuk menjadi puas diri dari keadaan status quo.

8. Berpikir positif

Dibutuhkan kepribadian yang kuat untuk menjadi seorang wirausaha, pemilik bisnis kadang-kadang tergoda untuk menjadi agresif dan menyerang konsumen bahkan timnya sendiri. Tidak seorang pun karyawan yang ingin bekerja dengan seorang diktator atau pengusaha yang suka melecehkan pegawai.

Seorang pengusaha sukses dapat menemukan keseimbangan antara agresivitas dengan menghormati dan rasa terima kasih dengan timnya. Jika anda berbisnis dengan orang yang tidak memiliki pendekatan positif, maka orang tersebut bukan orang yang tepat untuk diajak kerjasama.

9. Mendorong Kerjasama Tim

Sebagai wirausaha dengan ide sebagus apapun akan percuma jika anda tidak mempunyai tim yang kuat untuk memperkenalkan produk anda kepada masyarakat. Produk yang baik tidak akan mungkin tanpa rekan kerja yang bekerja keras di belakang layar. Rekan kerja yang harmonis akan dapat bekerjasama untuk mencapai hal-hal yang besar.

10. Jangan takut untuk ke luar

Hal yang sulit bagi wirausaha adalah bagaimana menjual perusahaan yang telah didirikan dan dibesarkan. Caranya adalah, menggaet konsultan terpercaya untuk mengukur apakah menjual perusahaan dapat menyehatkan perusahaan.

Branson telah menjual beberapa perusahaan dibawah naungan Virgin Group selama bertahun-tahun. Salah satunya adalah dijualnya Virgin Records kepada EMI. "Ini adalah hari yang sangat emosional bagi saya, pada satu titik saya menangis," kenang Branson.

"Melihat ke belakang, jelas bahwa kita menjual pada saat yang tepat, dan keputusan masuk akal untuk Virgin secara keseluruhan untuk masa depan grup dan memberikan kami modal untuk investasi di bisnis yang baru," katanya.

« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]