Home » , , » Apakah yang Dimaksud dengan Kepribadian

Apakah yang Dimaksud dengan Kepribadian

Terdapat sekitar 20.000 kata yang dapat mendeskripsikan kepribadian atau watak seseorang. Setiap hari kita mengguna­ kannya saat berbincang-bincang dengan orang lain . Kita sering kali mengatakan si A seperti ini atau itu dan si B mempunyai "banyak kepribadian" atau "tanpa kepribadian sama sekali". Bahkan, kadang-kadang kita menggunakan kata kepribadian itu seenaknya sendiri, seperti dalam acara-acara ramalan kepribadian yang ada di televisi. Sering kali yang kita lakukan hanya sebatas menggambarkan watak atau sejumlah kepribadian tertentu.

Foto: Illustrasi
Pemikiran bahwa kita mempunyai sejumlah kepribadian yang berbeda-beda sangatlah menarik, meskipun sedikit kurang tepat. Akan lebih baikjika kita katakan setiap orang mempunyai pola kepribadian masing-masing dan cenderung berbeda dalam soal kualitas daripada kuantitas. Selain itu , saat berbicara tentang kuantitas umumnya kita hanya mengacu pada keberhasilan secara sosial atau "ketertarikan" masyarakat. Lebih parah lagi, sering kali kita mengangap bahwa image seorang individu adalah akibat kepribadian tertentu, bukan sesuatu yang memang sengaja telah dibangun oleh orang tersebut.

Kata-kata yang kita gunakan selalu menyiratkan perilaku tertentu yang dapat pula menggambarkan dugaan atau keinginan kita terhadap reaksi orang tersebut. Misalnya, jika saya mengatakan kepada Anda bahwa si A sangat pemalu, Anda tidak mungkin mengharapkan dia akan menggantungkan hidupnya dengan cara berjualan atau berharap menemukannya dalam sebuah acara arisan yang hingar bingar. Jadi, kata-kata yang kita gunakan dapat menggambarkan pola watak perilaku seseorang dalam menghadapi sejumlah situasi yang berbeda. Gambaran itu juga memberikan petunjuk tentang perasaan serta jalan pikiran seseorang. Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa kepribadian adalah sesuatu yang stabil karena kepribadian tidak akan berubah secara drastis. Misalnya, saat Anda bangun di pagi hariAnda selalu tetap orang yang sama setiap hari. Anda mungkin terbangun dengan suasana hati yang berbeda dari hari sebelumnya, tetapi kepribadian dasar Anda tidak mungkin dapat berubah secara radikal dalam waktu semalam. Lagi pula, pendapat bahwa kepribadian dan perilaku adalah hal yang sama, tidaklah benar. Kedua hal tersebut berbeda satu sama lain karena jika keduanya sama, setiap orang pasti akan se]alu bereaksi sama terhadap semua hal.
Sebenarnya kepribadian adalah suatu dorongan yang mengatur perilaku Anda atau memberi petunjuk ke arah tertentu. Hal ini akan membuatAnda merespon masalah dengan cara yang wajar sesuai dengan situasi yang Anda hadapi. Jadi, kepribadian adalah sebuah cara yang dilakukan seseorang dalam merespon suatu situasi atau cara bertindak yang disukai seseorang terhadap keadaan maupun orang tertentu.
Singkatnya, catatan penting mengenai kepribadian adalah sebagai berikut.

  • Kepribadian berakar dari diri Anda sebagai seorang individu. 
  • Kepribadian menggambarkan perilaku Anda dalam menghadapi beragam situasi.
  • Kepribadian tidak mungkin  berubah secara drastis dalam waktu singkat.
  • Kepribadian dapat membedakan Anda dari orang lain.

Dalam pembahasan selanjutnya yang lebih rumit dijelaskan bahwa kepribadian juga dipengaruhi oleh keyakinan Anda, yaitu hal-hal yang Anda percayai  kebenarannya meskipun mungkin tidak ada bukti nyata yang dapat menguatkannya, dan prinsip­ prinsip Anda, yaitu serangkaian keyakinan terhadap perilaku Anda sendiri dan orang lain. Motivasi  dan aspek-aspek watak juga dapat memengaruhi perilaku Andu: Mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan saat ini? Motivasi ini biasanya diwujudkan dalam bentuk kebutuhan, seperti kebutuhan akan keberhasilan atau kebutuhan akan rasa aman. Semua faktor tersebut berperan dalam menggambarkan kepribadian Anda secara utuh.

Sumber: intisari buku personality questionnaires karangan mark parkinson
« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]