Home » , » Mengenal Laporan Keuangan

Mengenal Laporan Keuangan

Foto: Illustrasi
Laporan keuangan merupakan sekumpulan informasi keuangan perusahaan dalam suatu periode tertentu yang disajikan dalam bentuk laporan sistematis yang mudah dibaca dan dipahami oleh semua pihak yang membutuhkan. Laporan keuangan merupakan tujuan utama dari proses akuntansi. Penyusunan laporan keuangan ditentukan oleh jenis perusahaan dan kebutuhan pengguna.
Dalam praktik pembukuan perusahaan, laporan keuangan banyak dibuat setiap akhir bulan, atau disebut laporan keuangan interim. Sekarang ini perusahaan sudah menggunakan program komputer akuntansi, sehingga mudah dan cepat dalam menyusun laporan keuangan. Bahkan sekarang ini dapat dikatakan bahwa menyusun laporan keuangan sudah semudah klik mouse komputer saja.

Unsur Laporan Keuangan

Unsur utama Laporan Keuangan terdiri dari :
  1. Laporan Laba Rugi ( Income Statement )
  2. Laporan Perubahan Ekuitas (untuk perusahaan perseorangan) (Capital Statement)
  3. atau
  4. Laporan Saldo Laba (untuk perseroan terbatas) (Retained Earning Statement)
  5. Neraca ( Balance Sheet )
  6. Laporan Arus Kas ( Cash Flow Statement )
  7. Catatan Atas Laporan Keuangan

Untuk lebih jelasnya, berikut ini diuraikan gambaran singkat dan bentuk umum masing- masing unsur laporan keuangan diatas.

Laporan laba rugi ( Income Statement )

Laporan laba rugi adalah suatu laporan sistematis yang menggambarkan hasil operasi perusahaan dalam suatu periode waktu tertentu. Hasil operasi perusahaan diperoleh dengan cara membandingkan antara penghasilan yang diperoleh dengan beban- beban yang telah dikeluarkan untuk memperoleh penghasilan tersebut. Mempertemukan penghasilan dengan beban yang dikeluarkan untuk memperoleh penghasilan tersebut dalam akuntansi disebut dengan prinsip ‘Matching’.
Laporan laba rugi harus diberi judul diatasnya secara urut baris terdiri atas:

Nama perusahaan; Laporan laba rugi;
Periode laporan (“Untuk Periode Berakhir Tanggal 31 Desember”)

Ada 2 (dua) macam bentuk Laporan Laba Rugi, yaitu Bentuk Single Step dan Multi Step. Dalam praktik pembukuan perusahaan di Indonesia, bentuk Multi Step yang lebih sering digunakan.

Laporan Perubahan Ekuitas ( Capital Statements )

Untuk perusahaan perseorangan, Laba atau rugi yang diperoleh perusahaan berpengaruh kepada jumlah modal pemilik. Modal juga dapat berubah disebabkan karena adanya tambahan investasi dari pemilik atau pengambilan pribadi oleh pemilik (prive/drawing). Perubahan modal pemilik pada akhir periode disajikan dalam suatu laporan, yang disebut Laporan Perubahan Ekuitas ( Capital Statements ).

Laporan Saldo Laba ( Retained Earning Statements )

Untuk perseroan terbatas (PT), Laba atau rugi yang diperoleh perusahaan berpengaruh kepada jumlah laba ditahan, bukan pada modal saham.
Pembagian hasil keuntungan kepada pemegang saham disebut Deviden, yang akan mengurangi jumlah laba ditahan. Sedangkan tambahan investasi dari pemegang saham berpengaruh terhadap modal saham, bukan pada laba ditahan. Perubahan laba ditahan pada akhir periode disajikan dalam suatu laporan, yang disebut Laporan Saldo Laba ( Retained Earning Statements ).

NERACA ( Balance Sheet )

Neraca adalah laporan yang menggambarkan posisi keuangan perusahaan, terdiri dari Aktiva (harta kekayaaan), Kewajiban dan Modal pada suatu tanggal tertentu.
Neraca merupakan bentuk resmi dari persamaan akuntansi. Judul neraca ditulis secara urut baris, dimulai dari :
Nama Perusahaan;
Neraca;
Tanggal Neraca ( “Per tanggal 31 Januari “)

Ada 2 (dua) macam bentuk neraca, yaitu bentuk skontro /daftar ( account form ) dan bentuk vertical /laporan ( report form ). Dalam praktik pembukuan perusahaan di Indonesia, lazim menggunakan neraca bentuk skontro / daftar, yang mana semua aktiva disusun di sebelah kiri ( debet ), sedangkan kewajiban dan modal disusun di sebelah kanan ( kredit ). Ditengah bagian atas neraca ditulis judul secara urut baris, yaitu Nama Perusahaan; Neraca; Per tanggal (akhir periode).

Laporan Arus Kas ( Statement Of Cash Flow )

Menurut PSAK No 2, Laporan arus kas adalah laporan yang memberikan informasi arus kas perusahaan sebagai dasar menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan dan menggunakan kas.
Komponen laporan:
  •  Kas, terdiri dari saldo kas (cash on hand) dan rekening giro bank
  •  Setara Kas, adalah investasi yang sifatnya sangat likuid yang segera dapat dijadikan kas.
  • Arus Kas, adalah arus kas masuk dan arus kas keluar atau setara kas
  • Aktivitas Operasi, adalah aktivitas penghasil utama pendapatan dan aktivitas lain yang bukan investasi dan pendanaan. Contoh: penjualan barang dan jasa, penerimaan royalty, fee, komisi atau lainnya; pembayaran kepada pemasok/supplier atau karyawan.
  • Aktivitas Investasi, adalah aktivitas perolehan dan pelepasan aktiva jangka panjang serta investasi lain. Contoh: pembelian aktiva tetap; penjualan tanah, bangunan, peralatan, dan sebagainya; uang muka dan pinjaman kepada pihak lain.
  • Aktivitas Pendanaan, adalah aktivitas yang mengakibatkan perubahan dalam jumlah serta komposisi modal dan pinjaman perusahaan. Contoh: penerimaan emisi saham, obligasi, pinjaman, wesel, hipotik atau lainnya; pembayaran kepada pemegang saham, pelunasan pinjaman, dan sebagainya.

Metode yang digunakan untuk menyusun Laporan Arus Kas adalah Metode Langsung (Direct Methods).

Catatan Atas Laporan Keuangan

Umumnya terbagi atas 2 bagian, yaitu:
  1. Informasi Umum, meliputi nama dan alamat lengkap perusahaan, dokumen perjinan (Akta Pendirian, SIUPP, SKPKP, NPWP, TDR,dll), susunan pemilik atau pemegang saham, komposisi pemilikan modal, susunan pengurus, dan sebagainya.
  2. Kebijakan Akuntansi, meliputi prinsip-prinsip, dasar-dasar, konvensi, metode, sistim dan prosedur yang digunakan manajemen dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan (PSAK No 1).
« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]