Home » , , , » SKRIPSI | Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Reaksi Investor

SKRIPSI | Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Reaksi Investor

Kondisi dunia yang tidak menentu seperti terjadinya global warming, kemiskinan yang semakin meningkat, memburuknya kesehatan masyarakat serta tuntutan sosial kepada perusahaan, memicu perusahaan dalam mengungkapkan pertanggungjawab sosial (sosial responsibility) perusahaan pada seluruh stakeholder yang terdiri dari karyawan, investor, pemerintah, masyarakat, konsumen dan pemasok, serta kelangsungan generasi penerus. Selain tuntutan dari masyarakat, tekanan dari pemerintah juga berperan dalam mendorong perusahaan untuk memperhatikan tanggung jawab sosialnya, yang diatur dalam Undang-Undang No.23 Tahun 1997 yang mengatur tentang pengelolaan lingkungan hidup, serta berdasarkan PP No.27 Tahun 1999 tentang AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan). Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dalam Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.1 (revisi 1998) tentang tanggung jawab atas laporan keuangan paragraf 9 (sembilan) secara implisit menyarankan untuk mengungkapkan tanggung jawab akan masalah lingkungan dan sosial.
“Perusahaan dapat pula menyajikan laporan tambahan seperti laporan mengenai lingkungan hidup dan laporan nilai tambah (value added statement), khususnya bagi industri dimana faktor-faktor lingkungan hidup memegang peranan penting dan bagi industri yang menganggap pegawai sebagai kelompok pengguna laporan yang memegang peranan penting.”
Pernyataan senada juga terdapat dalam tujuan laporan keuangan dalam PSAK N0.1 (revisi 1998) yaitu:
“Tujuan laporan keuangan adalah untuk melaporkan aktivitas-aktivitas perusahaan yang mempengaruhi kontinuitas yang mana dapat ditentukan dan dijelaskan atau diukur dan penting bagi perusahaan dalam lingkungan sosialnya.”
Tujuan laporan keuangan diatas menuntut fungsi pelaporan tidak hanya mengamankan aset perusahaan tetapi juga mengamankan kesejahteraan sosial. Disamping itu juga untuk kepentingan dalam mengambil keputusan, laporan keuangan juga harus dapat dijadikan sebagai alat menilai pertanggungjawaban manajemen (accountability) dalam mengelola sumber daya yang dipercayakan.
Reaksi investor dapat dilihat melalui pasar yang efisien, dimana bentuk pasar efisien di Indonesia adalah pasar efisien bentuk setengah kuat, yang tercermin dari cepatnya investor bereaksi terhadap masuknya informasi baru (Setiawan dan Hartono, 2003) Dalam mengambil keputusan, investor selalu memasukan faktor-faktor yang tersedia dalam keputusan mereka, jika pelaku pasar (investor) menganggap informasi tersebut sebagai informasi yang baik (good-news) maka akan ada reaksi investor yang tercermin melalui peningkatan harga saham maupun volume perdagangan saham. Peningkatan harga saham dapat diuji dengan melihat return tidak normal (abnormal return) yang terjadi melalui perubahan harga saham dan aktivitas volume perdangangan saham. Pada kondisi pasar yang efisien adanya abnormal return yang positif akan memicu kenaikkan volume perdagangan saham, begitu pula sebaliknya adanya abnormal return yang negatif dapat memicu penurunan volume perdagangan saham (Subekti, 2005). Ini menunjukkan adanya hubungan yang dependen anatara abnormal return dan volume perdagangan saham.Tetapi tidak selalu abnormal return berhubungandependen dengan volume perdagangan saham, karena perubahan harga merefleksikan perubahan secara keseluruhan sedangkan volume merefleksikan perubahan dalam pengharapan secara individu (Beaver 1968; Baron 1995) (dalam Bandi dan Hartono, 2000).

Penelitian-penelitian sebelumnya mengenai pengaruh CSR tehadap reaksi investor menemukan hasil yang beragam. Sebagai contoh penelitian yang dilakukan Nurdin dan Cahyandito (2006) melakukan penelitian pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar di BEJ yang mengungkapkan tema-tema sosial dan lingkungan terhadap reaksi investor dengan indikator perubahan harga saham dan volume perdagangan saham. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan tema-tema sosial dan lingkungan dalam laporan tahunan perusahaan berpengaruh signifikan terhadap reaksi investor. Konsisten dengan Juned (2010) menyimpulkan bahwa pelaksanaan CSR memiliki dampak positif dan signifikan terhadap reaksi pasar. Zuhroh et al (2003) menemukan bahwa pengungkapan sosial dalam laporan tahunan perusahaan berpengaruh terhadap volume perdagangan saham bagi perusahaan yang masuk dalam kategori high profile. Hal ini tidak konsisten dengan penelitian Suranta (2010) yang menunjukkan bahwa variabel dalam pengungkapan tema-tema sosial dan lingkungan tidak mempengaruhi reaksi investor, dimana reaksi investor diukur dengan menggunakan dua variabel yaitu abnormal return dan trading volume aktivity. Putri (2010) dalam penelitiannya menjelaskan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial (CSR) tidak berpengaruh terhadap volume penjualan saham.

Dari uraian di atas terlihat keanekaragaman hasil dalam penelitian-penelitian sebelumnya. Keanekaragaman hasil tersebut disebabkan adanya sampel dan metode penelitian yang berbeda. Adanya hasil yang berbeda dari peneliti-peneliti terdahulu, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang sama pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hal ini dikarenakan laporan keuangan perusahaan publik di BEI dapat diakses dan terbuka untuk umum. Selain itu BEI merupakan satu-satunya lembaga pasar modal di Indonesia yang dianggap cukup representatif untuk menggambarkan kondisi pasar modal di Indonesia. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian terdahulu adalah sampel yang berbeda dan parameter yang berbeda. Sampel yang diambil merupakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode tahun 2008-2009. Reaksi pasar diukur dengan mengunakan variabel abnormal return dan volume perdagangan saham dengan menggunakan unexpected trading volume, dengan alat analisis regresi sederhana.

« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]