Home » , , » TESIS | Kinerja Sistem Drainase yang Berkelanjutan Berbasis Partisipasi Masyarakat

TESIS | Kinerja Sistem Drainase yang Berkelanjutan Berbasis Partisipasi Masyarakat

Banjir yang terjadi pada musim hujan sudah menjadi peristiwa rutin di beberapa kota di Indonesia. Berbagai sebab menjadi pemicu terjadinya banjir, antara lain kapasitas sistem jaringan drainase yang menurun, debit aliran air yang meningkat, atau kombinasi dari kedua-duanya. Kapasitas saluran drainase berdasarkan design criteria sudah diperhitungkan untuk dapat menampung debit air yang terjadi sehingga kawasan yang dimaksud tidak mengalami genangan atau banjir. Menurunnya kapasitas sistem disebabkan antara lain, banyak terjadi endapan, terjadi kerusakan fisik sistem jaringan dan atau adanya bangunan liar di atas sistem jaringan. Sedangkan penyebab meningkatnya debit antara lain, curah hujan yang tinggi di luar kebiasaan, perubahan tata guna lahan, kerusakan lingkungan pada Daerah Aliran Sungai ( DAS ) di suatu kawasan. 

Kasus seperti tersebut di atas juga terjadi di Perumahan Josroyo Indah yang terletak di Kelurahan Jaten, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, sehingga perlu dilakukan penelitian evaluasi kinerja sistem jaringan drainase berdasarkan konsep drainase yang berkelanjutan berbasis pada partisipasi masyarakat. Baik buruknya, tinggi rendahnya kinerja sistem jaringan drainase sangat ditentukan oleh partisipasi masyarakat dalam pengelolaannya, apalagi dengan minimnya atau tidak adanya dana dari pemerintah Kabupaten Karanganyar untuk pengelolaan sistem jaringan drainase diluar jalan protokol. Maka tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Menemukenali tingkat pemahaman masyarakat akan fungsi sistem drainase yang berkelanjutan serta tingkat kepedulian masyarakat dalam pengelolaan sistem jaringan drainase. 2) Mengevaluasi kinerja sistem jaringan drainase di Perumahan Josroyo Indah 3) Merumuskan solusi prioritas rehabilitasi jaringan drainase dengan menyusun Sistem Pendukung Kebijakan (SPK) yang berbasis partisipasi masyarakat. Pada penelitian ini metode yang dipakai adalah deskriptif evaluatif. Analisis data dilakukan dengan metode diskriptif kualitatif dan metode pembobotan. Dalam merumuskan Sistem Pendukung Kebijakan prioritas rehabilitasi menggunakan metode Analitical Hierarchy Process (AHP). 

Hasil penelitian menunjukkan : 1) Partisispasi masyarakat Perumahan Josroyo Indah dalam pengelolaan jaringan drainase adalah baik, hal ini ditunjukkan adanya Seksi Lingkungan dan Pembangunan dalam kepengurusan tingkat RT / RW yang membawahi kegiatan pengelolaan lingkungan dan infrastruktur (sampah, jalan, drainase, penghijauan). Pembersihan lingkungan termasuk saluran drainase dilakukan 2 kali setiap bulan dalam kerja bakti, kerusakan diperbaiki bersama dengan biaya ditanggung secara gotong-royong. Tetapi kesanggupan untuk pembuatan Sumur Resapan Air Hujan (SRAH) rendah. 2) Kinerja sistem jaringan drainase di Perumahan Josroyo Indah adalah baik, kondisi komponen menunjukkan angka 87,35 %. Meskipun demikian tetap harus dilakukan rehabilitasi pada saluran yang rusak dan tersumbat sedimentasi. 3) Alternatif tindakan struktural sebagai implementasi konsep drainase yang berkelanjutan dengan pembuatan Sumur Resapan Air Hujan tidak memenuhi syarat teknis. 4) Rumusan SPK menunjukkan prioritas utama dalam rehabilitasi sistem jaringan drainase dilakukan di Sub Sistem 04. Berdasarkan kesimpulan di atas disampaikan saran sebagai berikut : 1) Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan alternatif tindakan struktural konsep drainase yang berkelanjutan selain pembuatan SRAH dan pengaruh banjir Sungai Bulu terhadap kinerja sistem jaringan drainase. 2) Rumusan SPK prioritas rehablitasi jaringan drainase dapat dijadikan rujukan untuk pengajuan dana stimulan kepada Pemerintah Kabupaten Karanganyar secara bertahap pada setiap tahun anggaran.

« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]