Home » , , , » TESIS - Kajian Persepsi Masyarakat Terhadap Rencana Umum Tata Ruang Kota Kendal

TESIS - Kajian Persepsi Masyarakat Terhadap Rencana Umum Tata Ruang Kota Kendal

Kabupaten Kendal merupakan daerah yang sangat strategis, karena termasuk wilayah I Propinsi Jawa Tengah/ KEDUNGSAPUR (wilayah Kendal, Demak, Ungaran, Semarang dan Purwodadi) serta sebagai hinterland Kota Semarang. Disamping itu Kabupaten Kendal juga merupakan jalur utama lalu lintas pantai utara jawa (jalur pantura) sehingga berpotensi untuk meningkatkan tingkat sosial ekonomi penduduknya. Pertumbuhan ekonomi dan penduduk yang cukup tinggi mengakibatkan perkembangan dalam penggunaan lahan yang melebihi perencanaan di Kota Kendal, sehingga diperlukan pengelolaan penggunaan lahan secara komprehensif dan terencana. 

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji persepsi masyarakat terhadap Rencana Umum Tata Ruang Kota di Kota Kendal. Sedangkan sasaran penelitian ini adalah mengidentifikasi tata guna lahan, perkembangan kota, struktur tata ruang kota serta identifikasi persepsi masyarakat terhadap RUTRK Kendal. Adapun analisis data antara lain perkembangan fisik kota yang meliputi penggunaan lahan, perkembangan penggunaan lahan, perbandingan penggunaan lahan. Sedangkan faktor yang mempengaruhi perkembangan penggunaan lahan meliputi faktor penduduk, ekonomi, transpotasi, fasilitas pelayanan kota dan kebijakan. Untuk analisis persepsi masyarakat terhadap RUTRK meliputi Kebijakan pengembangan kota, Rencana pemanfaatan ruang kota, Rencana terhadap RUTRK meliputi struktur tingkat pelayanan, Rencana sistem transportasi, dan Rencana sistem jaringan utilitas kota. Alat analisis yang digunakan meliputi statistik dan tabulasi. Hasil analisis persepsi masyarakat menunjukan bahwa rencana sistem transportasi di nilai sesuai RUTRK yang meliputi pola jaringan 45% (terpenuhinya prasarana jalan di seluruh kota) dan sistem transportasi 42% (moda transportasi yang tersedia dan mencukupi kebutuhan masyarakat). 

Sedangkan rencana sistem jaringan utilitas nilai tidak sesuai RUTRK antara lain pada sistem jaringan air bersih 40% (kurang mencukupinya air bersih yang disediakan PDAM), sistem jaringan telepon 39% (jaringan telepon kurang menjangkau seluruh kota), sistem jaringan listrik 40% (kurang tertatanya jaringan listrik dengan baik) dan sistem jaringan limbah/ air kotor 47% (tidak tersedianya sarana pengolahan limbah yang terpadu). Sedangkan persepsi terhadap kebijakan dinilai cukup sesuai RUTRK, namun untuk pembangunan di segala bidang kurang dan tidak sesuai dengan RUTRK. Sedangkan pemanfaatan ruang dinilai cukup tetapi keadaan eksisting melebihi RUTRK. Persepsi struktur tingkat pelayanan dinilai cukup dan sesuai dengan RUTRK. Dari hasil penelitian ini dapatlah dijadikan rekomendasi kepada Pemerintah Kabupaten Kendal sebagai dasar dalam penyusunan RUTRK Kendal dengan meningkatkan komunikasi, informasi, sosialisasi dan penyuluhan pada masyarakat guna tercapainya tujuan pembangunan kota. Sedangkan rekomendasi untuk masyarakat diharapkan berperan aktif dalam menyukseskan program pembangunan mulai perencanaan, sosialisasi/penyuluhan sampai pelaksanaan pembangunan.

« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]