Home » , , , » TESIS | Kajian Aspek-Aspek Yang Mempengaruhi Penyediaan Air Bersih Secara Individual di Kawasan Kaplingan Kota Blora

TESIS | Kajian Aspek-Aspek Yang Mempengaruhi Penyediaan Air Bersih Secara Individual di Kawasan Kaplingan Kota Blora

Penyediaan air bersih bagi pemenuhan kebutuhan rumah tangga/domestik merupakan usaha yang secara langsung dapat mempengaruhi kualitas kehidupan kota secara keseluruhan. Penyediaan air bersih secara individual merupakan pilihan yang diminati oleh masyarakat di kawasan Kaplingan Kota Blora untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya. PDAM dengan keterbatasan yang ada, sebenarnya bersedia untuk menyediakan air bersih di kawasan Kaplingan Kota Blora, namun masyarakat Kaplingan lebih memilih penyediaan air bersih secara individual. Dengan demikian perlu diketahui aspek-aspek yang mempengaruhi penyediaan air bersih secara individual di kawasan Kaplingan Kota Blora. 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji aspek-aspek yang mempengaruhi penyediaan air bersih secara individual di kawasan Kaplingan Kota Blora. Sasaran dalam studi ini meliputi identifikasi dan analisis karakteristik penghuni kaplingan, identifikasi dan analisis persepsi penghuni Kaplingan terhadap penyediaan air bersih secara individual, identifikasi dan analisis persepsi penghuni Kaplingan terhadap penyediaan air bersih oleh PDAM, kajian aspek-aspek yang mempengaruhi terhadap penyediaan air bersih secara individual dan kontinuitas penyediaan air bersih secara individual. Analisis yang dilakukan dalam studi ini adalah analisis karakteristik penghuni kaplingan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan tabel distribusi frekuensi. Analisis yang kedua adalah analisis persepsi penghuni terhadap penyediaan air bersih secara individual dan penyediaan air bersih oleh PDAM menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan tabel distribusi frekuensi dan tabulasi silang. Analisis yang ketiga adalah analisis aspek-aspek yang mempengaruhi penyediaan air bersih secara individual dan kontinuitas penyediaan air bersih individual menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan tabel distribusi frekuensi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa ternyata penghuni kaplingan mampu untuk mengkonsumsi air bersih, tetapi pemilihan individual ternyata disebabkan secara teknis operasional PDAM belum dapat menyediakan air bersih yang layak secara kualitas, kuantitas dan kontinuitas; secara kelembagaan PDAM belum bisa memberikan pelayanan yang terbaik; secara pembiayaan PDAM memiliki masalah finansial. 

Persepsi penghuni terhadap penyediaan air bersih individual pada umumnya lebih baik dibandingkan dengan penyediaan air bersih oleh PDAM. Adapun aspek yang paling mempengaruhi penyediaan air bersih secara individual adalah aspek teknik operasional. Aspek yang mempengaruhi kontinuitas penyediaan air bersih individual adalah jumlah pemakaian air bersih, pola pemakaian air bersih dan ketersediaan air bersih. Sampai saat ini pemenuhan kebutuhan air bersih secara individual dapat memenuhi kebutuhan penduduk di kaplingan. Untuk menjaga pemanfaatan penyediaan air bersih secara individual perlu adanya pengendalian agar pemanfaatan air tanah dapat dikurangi serta agar penyediaan air bersih secara individual tidak diterapkan dengan bebas di kawasan yang lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, maka rekomendasi yang diusulkan adalah perlu dilakukan pengawasan dan pengendalian dalam pemanfaatan air bawah tanah terutama sumur dangkal untuk keperluan rumah tangga. 

Kemudian peningkatan pelayanan PDAM terutama dalam hal menjamin kualitas, kuantitas dan kontinuitas aliran air PDAM serta menambah kapasitas air bersih terpasang. Perlu dilibatkan partisipasi masyarakat dalam membantu mewujudkan terciptanya pembangunan sistem penyediaan air bersih publik yang lebih baik dan luas. Perlu alternatif penyediaan air bersih sistem jaringan maupun sistem lainnya agar sumber daya air tanah tetap terjaga. Dengan upaya-upaya tersebut diharapkan penyediaan air bersih secara individual dapat terkendali serta meningkatkan kualitas lingkungan.

« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]