Home » , , , » TESIS | Evaluasi Pengelolaan Lingkungan PT. Bukit Baiduri Energi di Kalimantan Timur

TESIS | Evaluasi Pengelolaan Lingkungan PT. Bukit Baiduri Energi di Kalimantan Timur

PT. Bukit Baiduri Energi adalah perusahaan tambang batubara di Kalimantan Timur dengan luas wilayah kuasa penambangan 4.081 ha. Lokasi penambangan menjadi sorotan masyarakat karena dekat dengan permukiman dan sungai Mahakam. Dampak yang timbul adalah perubahan alam dan kualitas lingkungan yang menurun karena pencemaran akibat udara, debu, kebisingan, tanah, limbah B3 dan air limbah dan terganggunya habitat satwa serta reklamasi yang kurang optimum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengelolaan lingkungan yang dilakukan PT. Bukit Baiduri Energi di Kalimantan Timur. Tipe penelitian ini adalah deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan pada karyawan tetap PT. Bukit Baiduri Energi. 

Pengumpulkan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengelolaan lingkungan telah dilakukan dengan baik, namun masih terdapat kekurangan dalam menjaga kebersihan lingkungan, seperti ceceran oli dan solar, (2) pengelolaan lingkungan yang dilakukan sudah sesuai yang ditulis dalam RKL/RPL, namun masih ada kegiatan yang tidak dilaksanakan dengan baik, yaitu pemantauan satwa, (3) uji laboratorium kualitas air limbah menunjukkan dibawah ambang batas baku mutu, namun pada kolam pengendapan masih dari tanah dengan perlakuan sederhana dikhawatirkan air limbah terserap kedalam tanah dan terbuang ke sungai, (4) PROPER mampu meningkatkan ketaatan manajemen perusahaan terhadap pengelolaan lingkungan. Untuk memperbaiki kondisi tersebut dapat dilakukan yaitu (1) meningkatkan pengelolaan lingkungan sesuai SOP sebagai komitmen manajemen internal sehingga akan mampu menjadi perusahaan yang berwawasan lingkungan, (2) Pemantauan satwa agar dilaksanakan lebih intensif untuk memperoleh data jumlah keanekaragaman hayati, (3) hasil pengujian air limbah berada dibawah baku mutu masih perlu diperhatikan secara konsisten dan diawasi agar air limbah yang dibuang ke sungai Mahakam tidak mencemari lingkungan, (4) manajemen pengelolaan lingkungan yang lebih baik, diusulkan agar pihak manajemen perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya terhadap hukum pengelolaan lingkungan dengan diawasi oleh peran kedua unsur stakeholders, yaitu pemerintah dan masyarakat terhadap pengelolaan lingkungan.

« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]