Home » , , , » TESIS | Analisa Kinerja Sistem Distribusi Air Bersih PDAM Kecamatan Banyumanik di Perumnas Banyumanik

TESIS | Analisa Kinerja Sistem Distribusi Air Bersih PDAM Kecamatan Banyumanik di Perumnas Banyumanik

Air bersih merupakan kebutuhan dasar bagi manusia sehingga menjadi hal yang wajar jika sektor air bersih mendapat prioritas dalam penanganan dan pemenuhannya. PDAM sebagai perusahaan daerah pengelola air bersih seharusnya mampu untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan sistem pengolahan dan sistem jaringan perpipaan yang ada, PDAM diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat baik secara kuantitas, kualitas dan kontinuitas. 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja jaringan distribusi, dilokasi yang dikelola oleh PDAM Banyumanik, tepatnya di Kelurahan Srondol Wetan, Perumnas Banyumanik dengan menganalisis kemampuan jaringan dalam memenuhi kebutuhan minimum pelanggan meliputi debit, tekanan, kontinuitas dan mengetahui kepuasan pelanggan terhadap kinerja PDAM. Metode yang digunakan adalah dengan menganalisa kinerja sistem distribusi terhadap keandalan (reliability), kelentingan (resiliency) dan kerawanan (vulnerability), dan kepuasan pelanggan dianalisa dengan penyebaran kuesioner terhadap pelanggan PDAM, sedangkan analisis tekanan dan kontinuitas dilakukan dengan pencatatan tekanan dan meter air dilapangan yang hasil pengukuran dibandingkan dengan analisa teoritis dan program Epanet sebagai kontrol.

Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap aspek kualitas fisik air (rasa, warna dan bau) lebih dari 40% warga menyatakan air yang diterima cukup layak, dari analisa terhadap pencatatan meteran air dapat diketahui bahwa sampai saat ini PDAM belum mampu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dimana tingkat keandalan hanya 32,99% (berdasarkan kebutuhan standar DPU 170 l/o/hari) dan 39,18% berdasarkan kebutuhan nyata, dan terjadi kejadian gagal 8,10 bulan dan 6,73bulan. Berdasarkan pencatatan tekanan air dilapangan, tekanan terendah 0,41m dan tertinggi 13,61m, dibandingkan program Epanet tekanan terendah 5,14m dan tertinggi 24,68 m. Untuk pengaliran air bersih masih dilakukan secara bergilir antara 1 sampai 2 hari sekali dan pada jam – jam tertentu disetiap hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu pada pagi hari untuk jalan Rasamala, setiap hari Rabu dan Jumat pada sore hari untuk Gaharu, setiap hari pada sore hari untuk pengaliran jalan Kruing, hal ini menjadi faktor penilaian pelanggan dimana 38 % dari pelanggan menyatakan tidak puas bahkan 40 % menyatakan sangat tidak memuaskan terhadap kinerja PDAM. Dari hasil penelitian ini bahwa kinerja jaringan distribusi dan pelayanan PDAM di Kelurahan Srondol Wetan belum memenuhi standar secara kuantitas dan kontinuitas.

« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]