Home » , , , » SKRIPSI - Sistem Pembimbingan Akademi Program Studi Diploma III Keuangan Fakultas Ekonomi Usu

SKRIPSI - Sistem Pembimbingan Akademi Program Studi Diploma III Keuangan Fakultas Ekonomi Usu

Pada setiap perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, untuk mencapai tujuannya diperlukan adanya sistem yang baik. Tujuan pendidikan tinggi secara umum adalah penemuan dan pengembangan sain, teknologi, dan seni demi kesejahteraan manusia. Dalam rangka mengimplementasikan tujuan tersebut dalam proses transformasi pembelajaran banyak kendala yang dihadapi. Salah satu dampaknya adalah sukses dan tidak suksesnya seorang mahasiswa menyelesaikan studinya. Ketuntasan penyelesaian studi mahasiswa merupakan salah satu tujuan utama yang harus diprioritaskan oleh mahasiswa itu sendiri dan juga oleh lembaga pendidikan tersebut. Sistem pembimbingan akademik merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kelancaran penyelesaian studi mahasiswa. Sistem pembimbingan akademik merupakan tahapan-tahapan dalam proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh dosen pembimbing akademik kepada mahasiswa bimbingannya dalam usaha membantu mahasiwa dalam menghadapi dan memecahkan masalah- masalah akademik guna menyelesaikan perkuliahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Sistem ini sangat penting karena mengandung tahapan-tahapan untuk mendukung kegiatan perkuliahan mahasiswa dan membantu menyelesaikan permasalahan mahasiswa dalam bidang akademik. Pengertian sistem menurut beberapa pakar antara lain adalah sebagai berikut: Menurut Amsyah (2000: 4), sistem adalah elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk suatu kesatuan atau organisasi. Menurut Jogiyanto (2005:1), sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu. Dari pengertian diatas dapat diambil suatu kesimpulan bahwa suatu sistem merupakan elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Pengertian bimbingan menurut beberapa pakar antara lain adalah sebagai berikut: Menurut Smith (1959), bimbingan adalah sebagai proses layanan yang diberikan kepada individu-individu guna membantu mereka memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam membuat pilihan-pilihan, rencana-rencana, dan interpretasi-interpretasi yang diperlukan untuk menyesuaikan diri dengan baik. Menurut Lefever (1959), bimbingan adalah bagian dari proses pendidikan yang teratur dan sistematik guna membantu pertumbuhan anak muda atas kekuatan dalam menentukan dan mengarahkan hidupnya sendiri, yang pada akhirnya ia dapat memperoleh pengalaman-pengalaman yang dapat memberikan sumbangan yang berarti bagi masyarakat. Berdasarkan pasal 27 Peraturan Pemerintah No29/90 dalam Depdikbud (1994), bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada peserta didik dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan, dan merencanakan masa depan. Dengan membandingkan pengertian yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan adalah proses pemberian bantuan kepada seseorang atau sekelompok orang secara terus-menerus dan sistematis oleh dosen pembimbing agar individu atau sekelompok individu menjadi pribadi yang mandiri.

« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]