Home » » Cara Menulis Surat Lamaran dengan Format Perusahaan Asing

Cara Menulis Surat Lamaran dengan Format Perusahaan Asing

Untuk kamu mahasiswa yang memiliki rencana untuk melamar ke perusahaan asing atau ke kedutaan besar, tentunya harus membuat surat lamaran dalam bahasa setempat.

Dalam hal ini biasanya surat lamaran atau yang dikenal dengan istilah cover letter, dibuat menggunakan Bahasa Inggris.

Menulis surat lamaran dalam Bahasa Inggris ternyata susah-susah gampang loh, karena selain bahasa yang ditulis berbeda dengan bahasa kita (native), hal yang paling enggak disadari ternyata bukan bahasa, tetapi format.

Betul banget, format surat lamaran untuk perusahaan asing memang beda dengan format biasanya. Menurut pengamatan okezone melalui sejumlah laman konsultasi karir, delapan dari 10 website asing menggunakan format yang sama untuk membuat surat lamaran.

Apa saja sih yang perlu kamu perhatikan dalam menulis surat lamaran dalam format perusahaan asing? Simak tipsnya dari About.com yaitu sebagai berikut:

1. Rata Kiri
Seperti yang diutarakan diatas, format surat mulai dari penulisan tanggal, tujuan surat, pembuka, badan surat, dan penutup, diketik menggunakan format rata kiri. Kalau kamu menggunakan MS. Word, tinggal klik "Left Agline" saja.

2. Tiga Paragraf Saja
Enggak percaya kan? Tapi betul loh, karena Hire Department (HRD) -nya perusahaan asing akan menilai bagaimana kamu bisa menulis dengan singkat dan jelas melalui tiga paragraf saja. Tuliskan dengan jelas dari mana kamu tahu informasi lowongan pekerjaan, kapan kamu dapat informasi serupa, identitasmu, pengalamanmu (jika ada), dan harapanmu pada perusahaan itu dalam tiga paragraf.

3. Satu paragraf Tiga Kalimat.
Singkat? Memang standarnya seperti itu, sekali lagi, kamu harus bisa menjelaskan lamaranmu dalam kalimat singat namun jelas.

4. Sesuaikan dengan Jenis Pekerjaan
Gaya Penulisan pada surat lamaranmu akan berbeda terhadap satu pekerjaan, misal jika kamu ingin melamar sebagai Humas, tentunya penulisan suratmu harus menunjukkan kepribadianmu sebagai seorang Humas yang  formal tetapi tidak kaku. Jika kamu melamar sebagai akuntan, tentulah gaya penulisanmu harus formal dan menunjukkan standar seorang akuntan.

5. Sertakan Perkiraan Gaji
Penting banget untuk kamu tulis, karena tipe HRD perusahaan asing itu enggak banyak basa-basi.

6. Pastikan untuk Dapat Giliran Interview
Tulis pada bagian penutup perihal interview, sebutkan saja kamu ingin mendapat informasi untuk mendapatkan wawancara kerja sekira dua minggu setelah lamaran kamu diproses atau sesuai kebijakan kantor.

Penulis: Riani Dwi Lestari
« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Postingan Terbaru

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]