Home » » Beberapa Tips Untuk Berpikir Kreatif

Beberapa Tips Untuk Berpikir Kreatif

Era globalisasi menuntut kita selaku generasi muda untuk mampu berpikir kreatif atau out of the box agar dapat bersaing di kompetisi nasional maupun internasional.

Berpikir out of the box berarti kamu memberikan batasan tertentu pada pikiran dan kreativitas yang kamu miliki. Dengan adanya batasan atau penilaian yang kita tetapkan sendiri, akan menghambat aliran ide yang mungkin dapat menjadi dasar program yang spektakuler.

Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengubah pola pikirmu yang masih konservatif.

Pertama, terbuka terhadap masukan. Jangan takut menerima saran atau kritik yang dilontarkan kepada kita. Saran dan kritik justru menjadi rangsangan untuk berpikir kreatif.

Kedua, lakukan sesuatu yang belum pernah kamu lakukan. Melakukan kegiatan yang berbeda merupakan langkah awal dalam melatih kita berpikir di luar kebiasaan serta memperkaya pengalaman.

Ketiga, optimis. Dengan menanamkan sikap optimis dalam kehidupan sehari-hari akan membuat kita berpikir kreatif dalam menemukan solusi atau jalan keluar.

Keempat, gunakan metode brainstorming. Tuangkan ide sebanyak-banyaknya meskipun gagasan tersebut terasa aneh dan tidak masuk akal. Siapa tahu, berawal dari ide yang tidak masuk akal justru dapat dikembangkan menjadi sebuah program atau produk yang akan digemari masyarakat.

Terakhir, jauhi pikiran dan omongan negatif. Pikiran dan sugesti yang negatif tidak akan membawa kita ke mana pun. Maka, isilah pikiran dan dengarkan sugesti yang positif saja.

Jadi, masih sulit berpikir kreatif? Selamat mencoba!

Penulis: Margaret Puspitarini
sumber
« Prev Post Next Post » Beranda

Tokoh Penemu Terpilih

Postingan Terbaru

Artikel Menarik !

 
"Indahnya Berbagi Walau Hanya Selembar Kertas Bekas"
hibahkan Skripsi, Tesis, Jurnal, Buku, untuk disalurkan ke yang membutuhkan melalui website kami. dengan cara mengrimkan softcopy ke email: bukukerjakita@gmail.com

COPYRIGHT © 2014. ALL RIGHTS RESERVED
[Valid Atom 1.0]